Bullying terhadap Penggemar Jonghyun SHINee Bisa Berakibat Fatal

Kompas.com - 20/12/2017, 13:56 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com -- Into The Light Indonesia, sebuah komunitas pencegahan bunuh diri, tidak hanya mengimbau penggemar mendiang Jonghyun SHINee agar tetap berpikir jernih dan saling memperhatikan.

Into The Light juga meminta kepada warganet untuk menghentikan cacian atau guyonan terhadap para penggemar Jonghyun yang disebut Shawol.

Sebelumnya diberitakan Jonghyun meninggal dunia karena bunuh diri, Senin (18/12/2017), sekitar pukul 18.00 waktu Seoul, Korea Selatan.

"Kepada masyarakat luas, terutama keluarga dan teman dekat dari fans SHINee/Shawol untuk menghindari perilaku menstigma, merundung, menghakimi atau menilai negatif kematian bunuh diri dari idola mereka," demikian pernyataan tertulis Kepada Koordinator Into The Light Indonesia, Benny Prawira Siauw, seperti yang dikutip Kompas.com, Rabu (20/12/2017).

"Setiap kematian bunuh diri selebritas dapat mengguncang fans, tidak peduli apapun persepsi dan reaksi kita terhadap kematian idola mereka," lanjutnya.

Ia juga menuliskan bahwa pernyataan-pernyataan yang merendahkan penggemar karena meratapi kepergian Jonghyun bisa memperburuk keadaan atau berakibat fatal.

Mental penggemar yang terkena cyber bullying bisa terpengaruh dan semakin berpotensi untuk terpicu mengalami depresi dan bunuh diri.

"Ada baiknya untuk kita terus bersama saling memperhatikan kondisi satu sama lain, belajar berempati dan mendengarkan dalam kondisi ini," tulis Benny.

Cyber bullying yang mengkhawatirkan itu kemudian membuat Benny dan kawan-kawan memutuskan segera melakukan pencegahan lewat sebuah imbauan. Hal ini diungkapkan Benny saat dihubungi Kompas.com.

"Secara tidak empatik mereka bilang bahwa kalau korban di Palestina enggak ada yang nangis, kalau ini satu artis meninggal nangis. Dibanding-bandingin. Itu kan tidak berkaitan. Udahlah, biarkan mereka berduka dengan wajar dan biarkan mereka memproses kondisi-kondisi di sekitar mereka, sesama fans," ujar Benny.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.