Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arie Kriting Sajikan Formula Komedi yang Baru

Kompas.com - 27/12/2017, 17:51 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com -- Bertindak sebagai konsultan komedi, komika dan artis peran Arie Kriting menyuguhkan pola komedi yang tak biasa lewat film Susah Sinyal.

"Untuk film Susah Sinyal, di sini kami mencoba tawarkan pattern komedi yang baru," kata Arie yang juga ikut bermain dalam layar lebar arahan Ernest Prakasa itu saat ditemui di Grand Mall Bekasi, Jawa Barat, Rabu (27/12/2017).

Ia sebut baru, karena pola lawakan itu jarang atau belum ada dalam film-film komedi sebelumnya.

Menurut Arie, sebuah candaan terkadang tak berhasil membuat orang tertawa bukan karena tak lucu, tetapi klise alias sudah sering dilihat.

"Komedi di Susah Sinyal kalau dirasakan, itu tidak lepas, komedi di awal sampai akhir selalu ada kesinambungannya. Jadi komedinya tuh kayak naik lagi. Polanya mungkin mirip, tapi semakin ke belakang semakin terasa. Ini sih yang coba saya sama Ernest terapkan," ucap Arie.

Pria kelahiran 13 April 1985 ini memberi contoh, adegan-adegan untuk karakter-karakter yang diperankan oleh komika Dodit dan Aci. Lalu, ada adegan kerumunan wartawan mewawancarai narsum.

"Ada ekskalasi. Komedinya tuh di awal cuma perkenalan, tidak abis komedi langsung dilepas. Biasanya kan ada komedi yang dia mau duduk, kursinya ditarik, jatuh. Udah gitu aja. Kalau kami enggak, pattern-nya itu dibangun," ujar Arie.

Banyolan-banyolan yang ia dan Ernest bangun dalam Susah Sinyal punya benang merah. Dari awal film hingga akhir, penonton akan mendapatkan pola komedi yang sebenarnya sama, namun terus dikembangkan.

"Dibangunnya pelan-pelan. Jadi komedinya kesimpen dalam hati penonton. Mereka belajar 'oh komedinya begitu'. Di tengah dinaikin, nah sampai ke akhir ekslasinya. Sehingga karakternya itu memorabel," ucap Arie.

[Baca juga : Ernest Prakasa Jawab Keraguan Arie Kriting dengan Sebuah Piala Citra]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com