Yon Koeswoyo dan Lagu yang Abadi

Kompas.com - 06/01/2018, 16:58 WIB
Pemakaman Yon Koeswoyo di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2018). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGPemakaman Yon Koeswoyo di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2018).
EditorHeru Margianto

KOESYONO Koeswoyo yang lebih dikenal dengan nama panggilannya Yon Koeswoyo telah menghembuskan napas terakhirnya pada hari Jumat, 5 Januari tahun 2018.

Ia meninggal di kediamannya di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan.

Dari salah satu keluarganya diperoleh penjelasan bahwa Yon sempat menjalani perawatan beberapa lama di rumah sakit. Legenda musik Indonesia itu meninggal pada usia 77 tahun.

Saya mengenal pertama kali kelompok Koes Bersaudara yang kemudian menjadi Koes Plus melalui beberapa lagu pertamanya, antara lain Pagi Yang Indah, Telaga Sunyi, Bus Sekolah dan lainnya.

Kekuatan utama dari kelompok ini adalah duet vokalnya, serta tentu saja kemampuan mereka tampil dengan percaya diri dengan lagu-lagu ciptaannya sendiri.

Saya mengenal keluarga Koes Plus atau Koes Bersaudara melalui adik mereka, Koesmiyati, akrab dipanggil Miyek, yang kebetulan teman satu kelas SMA di kawasan Kebayoran Baru.

Sekolah kami letaknya sangat dekat dengan kediaman keluarga Koes Bersaudara.

Saya juga mengenal cukup dekat dengan salah satu pemain drumnya Jelly Tobing dan salah seorang pemain keyboard Koes Plus, Nadjib Oesman.

Beberapa tahun yang lalu saya berjumpa lagi dengan Yon Koeswoyo. Ia memberikan beberapa CD rekamannya pada saya.

Pada saat itulah saya baru mengetahui dari Yon, bahwa lagu yang diciptakan oleh Koes Plus dan Koes Bersaudara jumlahnya mencapai ratusan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X