Kiprah Para Komika Duduk di Industri Film Indonesia

Kompas.com - 30/01/2018, 11:05 WIB
Penulis yang juga komika, Raditya Dika saat diabadikan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2016). KOMPAS.com/Dian Reinis KumampungPenulis yang juga komika, Raditya Dika saat diabadikan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2016).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya sekadar melawak di atas panggung. Para komika atau biasa dikenal juga sebagai pelawak tunggal mulai meramaikan perfilman nasional.

Mereka tak hanya sebagai pemain, melainkan ada pula yang mulai menjajal kemampuan sebagai sutradara sekaligus penulis skenario. Berikut rangkumannya:

1. Raditya Dika

Raditya Dika mulai menjajal dunia perfilman lewat film yang berjudul Kambing Jantan: The Movie pada 2009. Saat itu, Dika sapaan akrabnya, masih menjadi pemain untuk film yang diadaptasi dari novel buatannya.

Barulah lewat film Marmut Merah Jambu (2014), Dika memulai debutnya sebagai sutradara sekaligus penulis skenario dan pemain. Pada tahun itu pula, Dika seperti estafet merilis film-film arahannya.

Film-film yang dirilis Dika selanjutnya adalah Malam Minggu Miko The Movie (2014), Single (2015), Koala Kumal (2016), Hangout (2016), dan The Guys (2017). Beberapa film bahkan berhasil menembus jumlah penonton di atas satu juta.

Ernest Prakasa usai menggelar konferensi pers film Susah Sinyal di Comic Cafe, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2017).KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Ernest Prakasa usai menggelar konferensi pers film Susah Sinyal di Comic Cafe, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2017).

2. Ernest Prakasa

Jebolan ajang pencarian bakat "Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV" pada 2011 memulai debut sebagai sutradara lewat film Ngenest (2015). Tidak hanya sebagai pengarah film, Ernest bertindak pula sebagai penulis skenario sekaligus pemain.

Film Ngenest merupakan singkatan dari 'Ngetawain Hidup Ala Ernest Prakasa', yang diangkat dari trilogi novel karyanya yang berjudul sama.

Setelah sukses dengan film pertama, Ernest kembali membuat film kedua yang berjudul Cek Toko Sebelah pada 2016. Jumlah penonton film tersebut pun sebesar 2.642.957 orang.

Bahkan, Cek Toko Sebelah menyabet penghargaan untuk Kategori Penulis Skenario Asli Terbaik ajang FFI 2017. Yang terakhir, Ernest membuat film berjudul Susah Sinyal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X