Laman Grup Facebook yang Serang Film Black Panther Dinonaktifkan

Kompas.com - 04/02/2018, 12:15 WIB
Black Panther, diperankan oleh aktor Chadwick Boseman, merupakan salah satu superhero Marvel. Film Black Panther akan dirilis pada Februari 2018.Dok Marvel/Disney Black Panther, diperankan oleh aktor Chadwick Boseman, merupakan salah satu superhero Marvel. Film Black Panther akan dirilis pada Februari 2018.
|
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Facebook telah menonaktifkan laman sebuah grup bernama "Down with Disney's Treatment of Franchises and its Fanboys" yang diduga bertujuan menyerang film  Black Panther.

Langkah tersebut dilakukan setelah Rotten Tomatoes--situs penyedia informasi tentang perfilman dunia--secara terbuka mengecam grup yang berusaha membanjiri situsnya dengan skor pemirsa yang buruk untuk Black Panther.

"Orang sering menggunakan Facebook untuk menantang gagasan, institusi, dan praktik. Diskusi semacam itu dapat mempromosikan keragaman perspektif dan pemahaman yang lebih baik," kata seorang juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan, (2/2/2018) Jumat waktu setempat.

"Namun, kami menentang ujaran kebencian dan intimidasi, dan tidak mengizinkan hal itu dalam platform kami. Kami ingin Facebook menjadi ruang di mana ekspresi dan keamanan pribadi terlindungi serta dihormati. Itulah sebabnya kami mengembangkan Standar Komunitas kami, yang bisa Anda baca di situs kami," sambungnya.

Beberapa hari yang lalu, grup "Down with Disney's Treatment of Franchises and its Fanboys" tersebut membuat event bertajuk: "Beri Black Panther Skor Pemirsa yang Buruk di Rotten Tomatoes". Event itu telah menarik 3.700 peserta.

Sebelumnya, tepatnya pada Desember lalu, kelompok yang sama mengklaim bahwa mereka melakukan kampanye untuk membanjiri  laman Disney Star Wars: dan The Last Jedi di Rotten Tomatoes dengan ulasan buruk.

Kelompok ini membuat klaim yang tidak berdasar bahwa Disney telah memanipulasi pers untuk menciptakan buzz negatif untuk film-film Warner Bros dan DC Comics.

Kelompok itu mengatakan bahwa kampanye yang mereka buat untuk Black Panther itu adalah balasannya. Rotten Tomatoes pun kemudian mengecam gerakan tersebut.

"Kami di Rotten Tomatoes bangga telah menjadi platform bagi penggemar yang penuh gairah untuk berdebat dan mendiskusikan hiburan dan kami bertanggung jawab secara serius. Meskipun kami menghormati beragam pendapat penggemar kami, kami tidak memaafkan ujaran kebencian," kata Rotten Tomatoes dalam sebuah pernyataan pada Kamis (1/2/2018) lalu.

"Tim keamanan, jaringan, dan pakar sosial terus memantau secara ketat platform kami dan pengguna yang terlibat dalam kegiatan semacam itu akan diblokir dari situs kami dan komentar mereka dihapus secepat mungkin," imbuh mereka.

Tak lama setelah Rotten Tomatoes mengeluarkan pernyataannya, halaman Facebook grup tersebut diturunkan karena dinilai telah melanggar standar komunitas situs jejaring sosial tersebut.

Baca juga : Black Panther Cetak Rekor Penjualan Tiket Pra-jual

Disutradarai oleh Ryan Coogler, Black Panther menghadirkan aktor Chadwick Boseman sebagai T'Challa alias Black Panther bersama Lupita Nyong'o. Lalu ada Michael B Jordan, Daniel Kaluuya, Letitia Wright, Winston Duke, Angela Bassett, Forest Whitaker, dan Andy Serkis.

Baca juga : Dimotori Kendrick Lamar, Album Soundtrack Black Panther Bertabur Bintang

Film Black Panther akan mulai tayang di Indonesia pada 14 Februari 2018, kemudian di Amerika Serikat pada 16 Februari.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X