Butet Kartaredjasa Ingatkan Seniman untuk Hargai Penonton Pertunjukan

Kompas.com - 12/02/2018, 20:43 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Seniman teater yang juga pelawak Butet Kartaredjasa meyakinkan para seniman bahwa menghargai penonton dalam sebuah pertunjukan adalah hal penting untuk diperhatikan.

Wejangan itu disampaikan Butet dalam Workshop Manajemen Produksi Seni Pertunjukan di GEOKS Art Space, Bali, Denpasar, Minggu (11/2/2018).

"Saya ingin meyakinkan kepada para seniman untuk menganggap hal kecil sangat penting untuk memperkuat satu infrastruktur seni pertunjukan. Penonton misalnya," kata Butet.

"Bagaimana kami memperlakukan penonton dengan sangat terhormat, sebelum penjualan tiket kami siapa, karena kami begitu menghargai penonton," sambungnya.

Baca juga : Butet Kartaredjasa: Infrastruktur Seni Pertunjukan Indonesia Bikin Saya Jadi Superman

Menurut Butet, penonton merupakan orang-orang istimewa yang mau berkorban untuk menonton sebuah pertunjukan.

"Dengan makna hanya orang-orang yang istimewa yang datang ke gedung kami. Bayangkan kalau kami main di TIM (Taman Ismail Marzuki), orang menuju ke TIM menempuh waktu berapa jam, bayangkan kalau tinggalnya di Kedoya, Karawaci, paling enggak 3-4 jam," tutur pria berkacamata itu.

"Berapa BBM yang dibakar? Betapa dia harus membuat jadwal untuk hari itu berangkat lebih awal. Mungkin dia udah bolos kantor, dia udah menyiapkan diri dengan keluarganya, lalu sampai TIM beli tiket, makan," lanjut Butet.

Baca juga : Butet Kartaredjasa: Kampanye Boleh, tetapi Tetap Jenaka

"Hanya untuk menonton sebuah pertunjukan, itu melakukan suatu kegigihan, perjuangan yang luar biasa. Plus bonus macet," tambahnya lagi.

Hal itulah yang membuat Butet bertekad untuk mengembalikan perjuangan para penonton dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

"Maka kami betul-betul sangat menghargai perjuangan, kegigihan calon penonton kami sedemikian rupa. Maka kami mengembalikan pengabdian mereka dengan memberikan pelayanan yang terbaik," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.