Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oprah Winfrey Puji Para Siswa SMA yang Selamat dari Penembakan

Kompas.com - 27/02/2018, 17:28 WIB
Ati Kamil

Editor

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Pembawa acara Oprah Winfrey (64) memuji para pelajar yang selamat dari penembakan di sebuah sekolah menengah atas di Parkland, Florida, AS. Menurut Winfrey, sesudah tragedi tersebut, mereka berhasil mengubah ketakutan menjadi kegiatan positif.

Winfrey menyebut mereka "pejuang penguak kegelapan" dan membandingkan mereka dengan para pelopor hak-hak sipil.

Baca juga: Doa Oprah Winfrey untuk AirAsia QZ8501

Dalam wawancara dengan Associated Press, Sabtu (24/2/2018) waktu setempat, Oprah Winfrey membandingkan para remaja itu dengan para aktivis Freedom Riders 1960-an yang naik bus ke sejumlah negara bagian AS di selatan untuk memprotes segregasi sosial atau pemisahan kelompok masyarakat berdasarkan ras.

Winfrey menyebut bahwa protes-protes yang dilancarkan para pelajar Parkland untuk menuntut pengendalian senjata itu sebagai "moment membanggakan".

Baca juga: Oprah Winfrey Sumbang 12 Juta Dollar AS untuk Museum Afrika Amerika

Selebritas ini minggu lalu menyumbang 500 ribu dollar AS, sama seperti yang disumbangkan oleh George dan Amal Clooney untuk membantu para pelajar itu mengorganisasi pawai, termasuk di Washington DC, AS pada 24 Maret 2019.

Penembakan massal 14 Februari 2018 di Sekolah Menengah Atas Marjory Stoneman Douglas yang menewaskan 17 orang telah memicu berbagai aksi seperti walk-out, aksi duduk dan lain-lain di sekolah-sekolah di seluruh AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com