Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

A Quiet Place: Diam Bukan Emas, tapi Bertahan Hidup

Kompas.com - 05/04/2018, 20:06 WIB
Rizky Chandra Septania,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wajah dan nama John Krasisnki kembali menghiasi layar lebar. Kali ini, Krasisnki tampil dengan film bergenre horror thriller berjudul A Quiet Place.

Bersama sang istri yang juga merupakan aktris Hollywood papan atas Emily Blunt, Krasinski bisa dibilang memegang sebagaian besar kendali untuk film ini.

Bagaimana tidak. Peran sutradara, aktor, produser, dan penulis cerita dipegang oleh Krasinski sendiri.

Secara garis besar, film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang bertahan hidup dari mahluk asing dengan cara tidak membuat suara sama sekali.

Seperti dalam tayangan trailer, mengeluarkan sedikit suara akan mengundang mahluk tersebut mendekat dan membawa manusia ke dalam bahaya.

Lantas, bagaimana caranya bertahan hidup tanpa menimbulkan suara sama sekali? Inilah yang menarik dari A Quite Place.

Baca juga : Rotten Tomatoes Beri Rating 100 Persen untuk A Quiet Place

Dari awal cerita dimulai, film ini bisa dibilang langsung menuju inti cerita tanpa bertele-tele seperti film horor lainnya.

Selain itu, para penonton dibuat merasakan suasana tegang sejak film tersebut dimulai. Film ini berhasil membawa penontonnya merasa seolah-olah berada dalam alur cerita tersebut.

Penggambaran suasana di cerita tersebut betul-betul dibuat nyata dan realistis. Lebih tepatnya, Krasinski tidak menganggap penonton sebagai orang yang bodoh.

Sebab saat menikmati film ini, penonton diajak menduga dan berpikir bagaimana caranya meloloskan diri dari beragam situasi yang berpotensi mengundang bahaya.

Nilai tambah lainnya, film ini benar-benar dibuat nyaris tanpa dialog suara. Namun, A Quiet Place bukanlah sebuah film bisu. Pasalnya film ini masih memasukkan musik dan efek suara tertentu sebagai penguat cerita.

Sedikit tambahan, musik dan efek suara yang disematkan pada alur film tersebut tidak berlebihan seperti halnya film horor lainnya.

Meski menegangkan, A Quiet Place bukanlah termasuk film yang banyak memunculkan jumpscare. Sebab, ketakutan sebenarnya adalah ketidakmampuan untuk mempertahankan diri.

Durasi dalam film ini cenderung sebentar. Hanya sekitar 90 menit. Meski termasuk manis, ending-nya hanya "begitu saja".

Namun, perlu digaris bawahi, penonton dan pemain melalui sebuah proses sebelum menyimpulkan apa yang dapat dilakukan untuk bertahan dari situasi yang membahayakan hidupnya.

Setelah melihat filmnya secara langsung, tak heran bila film ini memperoleh rating yang terbilang tinggi di IMDb dan Rotten Tomatoes. Bahkan saat screening, Rotten Tomatoes memberi nilai sempurna untuk film yang satu ini.

A Quiet Place mulai tayang di Bioskop Indonesia sejak Rabu (4/4/2018) kemarin. Penasaran dengan keseluruhan ceritanya? Simak film ini di bioskop terdekat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com