Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maia Estianty Kritik Kebiasaan Joan Suntik Steroid untuk Atasi Masalah Vokal

Kompas.com - 10/04/2018, 00:09 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Irfan Maullana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com — Penampilan Joanita Veroni atau Joan saat menyanyikan lagu "Jailhouse Rock" yang dipopulerkan Elvis Presley di babak Road to Grand Final Indonesian Idol 2018 menuai kritik para juri.

Membuka komentar juri, Ari Lasso berpendapat bahwa Joan tak berhasil memberikan penampilan terbaiknya pada malam ini.

"Joan, ini lagu yang dinyanyikan Elvis Presley dan di-cover ribuan orang. Saya harus memberikan satu pendapat jujur, yang ditangkap dari kamu cuma energi kamu saja, nada yang di situ situ saja, jadi tidak mengeluarkan Joan yang sebenarnya. Lagunya dan cara penyajian kamu belum sesuai seperti Joan yang biasanya," kata Ari Lasso.

Rekan Ari, Maia Estianty, bahkan membandingkan kualitas vokal Joan pada saat awal audisi begitu berbeda dengan beberapa penampilannya belakangan ini. Maia menyebut Joan tidak stabil.

"Saya dari awal lihat kamu dari audisi, makin ke sini kadang kamu drop vokalnya, kadang bagus banget. Di lagu ini kamu enggak stabil, di overtunes ada kelemahannya tadi. Tapi kamu sampai tiga besar saja luar biasa perjuangan kamu," ucap Maia.

Ibu tiga anak ini juga mengkritik kebiasaan Joan pergi ke dokter untuk melakukan suntik steroid demi mengatasi masalah vokal yang mengganggunya. Untuk diketahui, dalam beberapa kali show, Joan kerap kehilangan suaranya. Hal ini sudah sering dikeluhkan para juri.

Baca juga : Judika: Joan Suka Kehabisan Suara 

"Setiap minggu kamu selalu ke dokter, suara habis lalu disuntik steroid. Itu yang menjadi pertanyaan, apakah kamu akan selalu bisa menampilkan yang terbaik ke depannya," ujar Maia.

"Gue terakhir suntik lima tahun yang lalu," imbuh Ari Lasso.

Maia juga mengkritik beberapa nada yang dinilai meleset dilantunkan Joan.

"Untuk penampilan barusan, ada meleset, ditutupnya harusnya bisa panjang. Tapi napas kamu pendek. Mudah-mudahan penonton bisa memilih yang cerdas," ungkap Maia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com