Kendrick Lamar, Rapper Pertama Peraih Hadiah Pulitzer Bidang Musik - Kompas.com

Kendrick Lamar, Rapper Pertama Peraih Hadiah Pulitzer Bidang Musik

Kompas.com - 17/04/2018, 17:38 WIB
Kendrick Lamar tampil di panggung Grammy Awards 2018, yang digelar di Madison Square Garden, New York City, Minggu (28/1/2018) waktu setempat. Christopher Polk/Getty Images for NARAS/AFP Kendrick Lamar tampil di panggung Grammy Awards 2018, yang digelar di Madison Square Garden, New York City, Minggu (28/1/2018) waktu setempat.

NEW YORK CITY, KOMPAS.com -- Rapper dari Compton, California, AS, Kendrick Lamar (30) menerima Hadiah Pulitzer 2018 bidang musik untuk albumnya yang berjudul DAMN (2017).

Pihak penyelenggara Hadiah Pulitzer telah mengumumkan pencapaian Kendrick itu pada Senin (16/4/2018) waktu setempat di New York City, AS.

Lamar merupakan rapper pertama yang menerima penghargaan bergengsi itu. Sebelumnya, pada 28 Januari 2018 di kota yang sama Lamar memenangkan lima penghargaan Grammy berkat album tersebut.

Baca juga: Dimotori Kendrick Lamar, Album Soundtrack Black Panther Bertabur Bintang

Para pemenang musik Pulitzer sebelumnya adalah, antara lain, pemusik-pemusik jazz Wynton Marsalis dan Ornette Coleman.

Rap kini secara resmi merupakan aliran musik terbesar di AS setelah melampaui rock pada 2017.

Baca juga: Kendrick Lamar dan Lady Gaga Buka Grammy Awards dengan Sikap Politik

Kendrick Lamar menggabungkan jazz, puisi, dan blues dengan tema-tema sosial dan lagu-lagu cinta. Itu membuatnya menjadi salah satu rapper paling inovatif dari generasinya.

Pulitzer, penghargaan paling bergengsi dalam jurnalisme dan seni di AS telah diberikan sejak  1917.

DAMN merupakan album ketiga Kendrick Lamar yang menduduki puncak tangga album Billboard 200 selama tiga minggu setelah diluncurkan tahun lalu.



Close Ads X