Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Sedih di Balik Lagu Nostalgia Calvin Jeremy

Kompas.com - 24/04/2018, 10:23 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Calvin Jeremy mengungkapkan bahwa ada kisah sedih di balik "Nostalgia", lagu ciptaannya yang dirilis akhir tahun lalu.

Lagu bernuansa musik era 1980-an itu, menurut Calvin, terinspirasi dari cerita asmara sepupunya sendiri dan sang mantan pacar.

"Itu dipelopori tahun 2015, ada satu kejadian di mana sepupu aku baru putus dari pacarnya. Karena mereka LDR dan mereka beda agama jadi mereka sepakat putus," kata Calvin saat berbincang dengan Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Barat, Senin (23/4/2018).

"Nah, si sepupu aku curhat sama aku bahwa dia putus tapi yang lebih menyedihkan, menyakitkan karena mereka masih menjalin hubungan baik. Wah, sedih banget ya. Akan lebih mudah kalau mereka enggak ngomong sekalian," sambungnya.

Lalu, tercetuslah ide di kepala Calvin untuk membuat lagu yang terinspirasi dari kisah asmara sepupunya itu.

"Gimana pada saat lu putus, tapi tetap masih bisa baik hubungannya," ujar Calvin.

Singkat cerita, penggemar karya-karya penyanyi John Mayer itu membuat lagu berjudul "Nostalgia". Sang sepupu masih mengingat setiap momen kebersamaannya dengan mantan pacarnya yang selalu membuat sepupunya itu merasakan nostalgia.

"Nuansanya tanpa disengaja mungkin karena aku sering dengar musik 1980-an dan 1990-an, jadi yang keluar melodinya itu seperti mengingatkan lagu lagu George Benson, George Duke, lagu pop di era tersebut," kata Calvin.

Baca juga : Calvin Jeremy Terinspirasi Kisah Cinta Sepupunya

Ia lalu memperdengarkan lagu ciptaannya itu kepada penata musiknya untuk dimasukkan ke dalam album ketiganya.

"Pas aku bawa lagu ini ke arranger, dia mikir 'wah kenapa kita enggak bikin aja sekalian satu album yang nuansanya seperti ini'. Ya udah dibikin pada saat berjalan ya udah judul albumnya sekalian aja Nostalgia," ucap Calvin.

"Berawal dari lagu itu aku tulislah lagu-lagu yang lain. Selain itu, musiknya membuat kita bernostalgia. Terus liriknya banyak kaitannya temanya tentang nostalgia," sambungnya.

Baca juga : Calvin Jeremy Ingin Buat Album yang Benar-benar Pop

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com