Franda Bertahan untuk Melahirkan Secara Normal

Kompas.com - 02/05/2018, 13:28 WIB
Samuel Zylgwyn dan Franda menggendong anak pertama mereka di Rumah sakit Ibu dan Anak Kemang Medical Care, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018). KOMPAS.com/IRA GITASamuel Zylgwyn dan Franda menggendong anak pertama mereka di Rumah sakit Ibu dan Anak Kemang Medical Care, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pembawa acara Franda (21) menceritakan perjuangannya bertahan untuk melahirkan anak pertamanya secara alamiah atau normal, tanpa bantuan bedah caesar.

Hal itu diceritakan oleh Franda ketika ditemui di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kemang Medical Care, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).

"Luar biasa sekali. Ini kejutan sekali, dari awal pengin normal dikasih beneran. Bukaan delapan aku yang, 'Aduh, kenapa enggak milih caesar aja'," tutur istri artis peran Samuel Zylgwyn ini.

"Tapi, tetap bertahan, keinginan dari awal mau normal. Berdamai dengan diri sendiri aja. Aku puas banget sih," sambungnya.

Baca juga: Cerita Proses Kelahiran Putri Pertama Samuel Zylgwyn dan Franda

Franda melahirkan anak pertamanya, Zylvechia Ecclesie Heckenbucer, pada Minggu (29/4/2018) pagi di RSIA Kemang Medical Care, Jakarta Selatan, dengan berat 3,3 kilogram dan panjang 50 cm.

Ia tak menyangka kelahiran sang putri lebih cepat dari waktu yang diperkirakan.

Baca juga: Franda dan Samuel Zylgwyn Heckenbucker Dikaruniai Anak Pertama

"Proses normal enggak pakai induksi, enggak pakai (suntikan) epidural. Agak kaget, rencananya HPL (hari perkiraan lahir) awal, 7 Mei," ucapnya.

"Nah, jadi enggak tahu juga namanya baru pertama, enggak tahu kontraksi gimana. Tanggal 28 (April) kayaknya kontraksi, enggak dirasain. Jam empat pagi, tanggal 29, udah bukaan tujuh," sambungnya.

"Banyak yang bilang lumayan cepet, apalagi anak pertama. Biasanya masih jalan lahir. Banyak yg bilang super cepet," tambahnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X