Pemasukan Solo: A Star Wars Story Setelah Tayang Perdana Tidak Memuaskan

Kompas.com - 24/05/2018, 19:32 WIB

KOMPAS.com - Solo: A Star Wars Story, film spin-off terbaru Star Wars resmi diputar di bioskop setelah lima bulan sebelumnya Star Wars: The Last Jedi menggebrak layar lebar.

Jika semua berjalan dengan lancar, Han Solo muda bersama kelompoknya yang terbuang bakal mengambil alih posisi Captain Jack Sparrow sekaligus mencetak rekor akhir pekan Memorial Day terbaru di box office.

Film spin-off keluaran Disney dan Lucasfilm ini tercatat mendapat pemasukan awal 130 juta dollar AS sampai 150 juta dollar AS sepanjang libur panjang akhir pekan lalu. Capaian angka 130 juta dollar AS di bawah ekspektasi awal.

Hingga kini, rekor akhir pekan Memorial Day untuk perilisan secara domestik masih dipegang Pirates of the Caribbean: At World's End pada 2007 lalu dengan pemasukan 139,8 juta dollar AS.

Solo diputar serentak di sebagian besar titik di dunia, mulai dari AS hingga China, dan mencatat pemasukan 300 juta dollar AS plus.

Baca juga: Solo: A Star Wars Story, Berandal yang Berubah Jadi Pilot Andal

Solo menjadi yang pertama dari empat judul film Star Wars yang dirilis di luar kebiasaan Disney dan Lucasfilm. Kisah Han Solo muda ini dirilis untuk menggebrak box office pada musim panas tahun ini atau selisih lima bulan setelah Star Wars: The Last Jedi diputar perdana.

Bila dibandingkan dengan pendahulunya, baik Last Jedi, Rogue One: A Star Wars Story, dan Star Wars: The Force Awakens semua dirilis dengan jeda masing-masing satu tahun pada Desember.

Lebih lanjut kisah Han Solo ini menjadi film dengan pemasukan domestik terendah dibanding empat film Star Wars sebelumnya.

Solo bahkan tidak bisa melewati capaian film Rogue One yang mencatat pemasukan 155,1 juta dollar AS pada Desember 2016 lalu.

Begitu pula dengan Force Awakens, film yang meneruskan kisah panjang Star Wars setelah lama absen, berhasil mendapat pemasukan 248 juta dollar AS pada debutnya di 2015, diikut dengan Last Jedi sebesar 220 juta dollar AS. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.