Sekolah Jadi Prioritas, Iqbaal Ramadhan Menolak Homeschooling

Kompas.com - 26/05/2018, 19:26 WIB
Iqbaal Ramadhan saat menjadi pembicara dalam acara bertema Discover: Yourself Future di @america Pacific Place Mall, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2018). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanIqbaal Ramadhan saat menjadi pembicara dalam acara bertema Discover: Yourself Future di @america Pacific Place Mall, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan artis peran Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan mengaku selalu menolak proses belajar dengan metode sekolah rumah atau homeschooling.

"Saya dari dulu enggak mau homeschooling," ujar Iqbaal saat menjadi pembicara dalam acara bertema Discover: Yourself Future di @america Pacific Place Mall, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2018).

Iqbaal punya alasan menolak metode homeschooling. Ia berujar, jika tidak menempuh pendidikan di sekolah formal, ia tidak bisa merasakan bagaimana proses belajar di dalam kelas dan berinteraksi dengan teman sebayanya.

"Tapi bukan sekadar itu saja. Sekolah itu pendewasaan diri sebelum masuk ke reward. Kayak kita dikasih tugas sekolah, itu kan banyak, harus dikerjakan. Itu akan kebiasaan di dunia kerja," kata Iqbaal.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Lulus SMA di Amerika

"Kalau enggak begitu (dikasih tugas banyak), nanti pas kerja bisa keteteran. Sekolah itu melatih karakter," sambung pemeran Dilan dalam film Dilan 1990 tersebut.

Karena itu, selepas lulus sekolah menengah pertama (SMP), Iqbaal kembali memilih sekolah formal. Bahkan, Iqbaal memilih bersekolah di lur negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, Iqbaal bersekolah di United World Colleges (UWC), New Mexico, Amerika Serikat, dengan mendapatkan beasiswa.

UWC merupakan lembaga pendidikan setara sekolah menengah atas (SMA). Para siswa UWC berasal dari berbagai negara.

"Sekolah memang jadi prioritas saya," kata Iqbaal.

Baca juga: Lulus Sekolah di Amerika, Iqbaal Ramadhan Berencana Kuliah Jurusan Komunikasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.