Untuk Asian Games 2018, Addie MS Akan Padukan Musik Tradisional, Orkestra, dan Musik Elektronik

Kompas.com - 28/05/2018, 10:56 WIB
Addie MS ditemui di Wisma Serbaguna, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (27/5/2018). KOMPAS.com/IRA GITAAddie MS ditemui di Wisma Serbaguna, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (27/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemusik Addie MS (58) akan memadukan musik tradisional dan lagu daerah dari Indonesia, musik orkestra, dan musik elektronik untuk Asian Games 2018.

Pesta olahraga se-Asia itu akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018.

Addie bertugas sebagai pengarah musik dalam acara yang melibatkan 45 negara itu.

"Yang pertama pasti mempertahankan ke-Indonesia-an. Kami coba sebisa mungkin lagu-lagu daerah kami tampilkan, misal keroncong atau gamelan. Lagu daerah kalau bisa dari semua provinsi," kata Addie ketika ditemui di Wisma Serbaguna, Gelora Bung Karno, Minggu (27/5/2018).

Baca juga: Armada Buat Lagu Pembakar Semangat Atlet Asian Games 2018

Addie, yang ingin menonjolkan budaya Indonesia, juga akan memberi sentuhan orkestra yang berkelas dan modern.

"Tetapi, kami berikan sentuhan lain, lebih internasional, orkestrasi. Tentunya kami lihat Indonesia. Selain kukuh mempertahankan aset nasionalnya, juga bisa modern. Orkes simfoni itu sudah kelas dunia," tutur pemimpin Twilite Orchestra ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami ingin seperti itu. Kami peduli terhadap lagu-lagu daerah kita, tapi kami juga cukup tahu, kalau bisa kami excellent di musik simfoni, makanya ada unsur orkestasi," sambungnya.

Baca juga: Slank Persembahkan Non Political Asian Dance untuk Asian Games

Selain itu, Addie MS juga memasukkan musik elektronik untuk menghadirkan kesan kekinian.

"Dan, supaya lebih kekinian, tentunya ada warna-warna elektronik. Kami juga ingin milenial suka juga dengan acara ini, yaitu dengan elektronik tadi. Semoga, kami upayakan sebisa mungkin harmonis," sambung suami dari penyanyi Memes dan ayah dua anak ini.

Dalam penggarapan musik tersebut, Addie MS menggandeng music arranger Ronald Steven.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.