Fakta-fakta Unik tentang Sabyan Gambus

Kompas.com - 04/06/2018, 04:03 WIB
Personel Sabyan Gambus berpose di Gedung Trans, kawasan Tendean, Jumat (1/6/2018). KOMPAS.com/Tri Susanto SetiawanPersonel Sabyan Gambus berpose di Gedung Trans, kawasan Tendean, Jumat (1/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup musik Sabyan Gambus berhasil mencuri perhatian pencinta musik Indonesia dengan lagu-lagu bersyair shalawat.

Grup yang dibentuk pada 2015 itu terdiri dari enam orang. Mereka adalah Khoirunnisa alias Nissa (vokalis), Ahmad Fairuz alis Ayus (keyboard), Sofwan Yusuf atau Wawan (perkusi), Kamal (darbuka), Tubagus Syaifulloh alias Tebe (biola), dan Anisa Rahman (backing vokal).

Kompas.com merangkum setidakmya tujuh fakta unik dari grup musik yang disebut musik gambus kekinian itu.

1. Berawal dari hajatan

Pemain perkusi Sofwan Yusuf atau Wawan mengatakan awalnya Sabyan Gambus adalah grup musik yang kerap mengisi acara-acara pesta pernikahan.

Grup yang dikomandoi Ayus itu dibentuk pada 2015. Nama Sabyan diambil dari nama anak pemain keyboard mereka, Ayus.

"Nama spesial dari leader kami, Ayus. Karena Sabyan itu nama anaknya (Ayus)," ujar Wawan.

2. Jumlah penonton video yang fantastis

Dalam akun channel YouTube mereka, @Official Sabyan Gambus, lagu-lagu hasil cover mereka mendulang jutaan views. Bahkan, mereka sudah memiliki 1,8 juta subscribers. Padahal mereka baru mengunggah delapan video musik.

Contohnya adalah lagu "Ya Habibal Qolbi" yang diunggah pada 25 Desember 2017 itu sudah ditonton lebih dari 125 juta kali. Kemudian ada "Rohman Ya Rohman" sebanyak 53 juta view dan "Ya Asyiqol" sebanyak 49 juta view.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X