Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ras Muhamad Berbagi Panggung dengan Putra Bob Marley

Kompas.com - 31/07/2018, 18:12 WIB
Irfan Maullana

Editor


LONDON, KOMPAS.com - Ras Muhamad berbagi panggung dengan putra musisi reggae legendaris Bob Marley, Julian Marley, pada festival reggae akbar tahunan di Kota Cegled, Hungaria, akhir pekan lalu.

Manajer internasional Ras Muhamad, Iyung, kepada Antara London, Selasa (31/7/2018), menyebutkan bahwa pertunjukan bertajuk Reggea Camp tersebut diselenggarakan oleh LB27.

"Di tengah derai hujan, Ras Muhamad mengandeng penyanyi reggae Jerman yang memiliki darah keturunan Indonesia, Marco 'Toke' Alexander untuk berkolaborasi. (Mereka) tampil memukau pengunjung," katanya.

Festival reggae tahunan ini dimeriahkan Julian Marley dan juga beberapa artis Jamaica lainnya, yakni Teacha Dee dan Perfect Giddimani serta artis lokal Hongaria seperti PASO dan Copy Con.

Baca juga: Ras Muhamad Pukau Hongaria

Menurut Iyung, penampilan Ras Muhamad di Reggea Camp selalu ditunggu-tunggu. Tahun ini adalah kali ketiga Ras Muhamad diundang khusus sebagai bintang tamu secara berturut-turut oleh panitia penyelenggara festival.

Meski hujan menemani Ras di atas panggung, penonton tidak surut dan tetap setia merapat ke barisan paling depan.

"Mereka seolah menganggap bahwa hujan merupakan berkah karena siangnya cuaca sangat panas terik tak berangin," ujar Iyung.

Penampilan Duta Reggae Indonesia sepanjang 70 menit tersebut sangat istimewa dengan mengundang Toke untuk berkolaborasi dan memberi kesempatan membawakan lagu-lagu karya Toke.

Melengkapi aksi panggungnya yang dinamis dan renyah, secara khusus Ras Muhamad mengundang Copy Con, G Ras, Leggo Man, dan Bottah Rankin --empat artis reggae Hongaria-- ke atas panggung untuk berkolaborasi.

Baca juga: Menghormati Iwa K, Ras Muhamad Datang untuk Menjenguk

Ras Muhamad sukses membakar aksi panggung yang memesona dan menimbulkan sambutan yang gempita.

Pada hari yang sama di tenda Rastage Reggaecamp, KBRI Budapest juga menampilkan beberapa nomor tarian tradisional Indonesia dan menyuguhkan hidangan Indomie goreng kepada pengunjung festival.

Perwakilan KBRI Budapest menilai, kehadiran artis reggae Indonesia dalam Line-up Artist Reggae Camp menunjukkan bahwa Indonesia semakin diperhitungkan di festival musik bertaraf internasional.

Dia juga menambahkan, tampilnya Ras Muhamad merupakan parameter suksesnya misi dan upaya promosi Indonesia di bidang kebudayaan sekaligus menjadi dukungan bagi karya putra bangsa yang terus berlanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com