Penyanyi Legendaris Aretha Franklin Meninggal Dunia di Usia 76 Tahun

Kompas.com - 17/08/2018, 06:53 WIB

KOMPAS.com - Dunia kehilangan salah seorang artis musik terbaiknya. Penyanyi yang dianggap sebagai ratu musik soul, Aretha Franklin, meninggal dunia di usia 76 tahun pada Kamis (16/8/2018) pagi.

Juru bicara keluarga Franklin mengatakan penyanyi legendaris itu mengembuskan napas terakhir di rumahnya di Detroit. Pada akhir hayatnya, keluarga dan orang-orang dekatnya berada di sekelilingnya.

"Pada saat-saat paling menyedihkan ini, kami tidak bisa menemukan kata-kata yang bisa mengungkapkan kepedihan kami," kata keluarga Franklin dalam pernyataan tertulis.

"Kami kehilangan sosok ibu dan batu karang keluarga. Kasihnya bagi anak-anak, cucu, keponakan, dan sepupu tidak terbatas," ucap keluarga.

Kabar bahwa kondisi kesehatan Aretha Franklin terus memburuk beredar sepanjang pekan ini. Keluarga mengatakan bahwa Queen of Soul itu sakit parah.

Belakangan, juru bicaranya mengungkap bahwa Franklin mengidap kanker pankreas stadium lanjut.

Aretha Franklin membagikan suara emasnya sejak kecil. Ketika itu ia menyanyi di gereja yang dipimpin ayahnya, CL Franklin, di Detroit.

Ketika orangtuanya bercerai, Franklin mengikuti ayahnya yang berkotbah ke seluruh negeri. Dari situlah publik mengenal suara empat oktaf seorang Aretha Franklin.

"Saya suka menyanyi.., sesuatu yang alamiah bagi saya. Kecintaanku pada musiklah yang mendorongku," kata Franklin dalam wawancara dengan PBS Newshour beberapa waktu lalu.

Ia merilis album pertamanya, Songs of Faith, pada usia 14 tahun. Sejak itu ia sudah menelurkan 41 album, enam album live, dan puluhan album kompilasi sepanjang tujuh dekade kariernya di dunia musik.

Nama Aretha Franklin melejit di kancah internasional ketika ia membawakan lagu "Respect" yang dirilis pada 1967.

Lagu karya Otis Redding itu menempati Billboard Hot 100, yang pertama bagi Franklin. "Respect" kemudian menjadi lagu kebangsaan gerakan hak-hak sipil dan kaum feminis. Tahun berikutnya, Aretha Franklin mendapat Grammy Awards dengan lagu tersebut.

Beberapa lagu ikonik Franklin antara lain "Chain of Fools", "(You Make Me Feel) Like a Natural Woman", dan "I Say a Little Prayer".

Baca juga: Joey Alexander: Inspirasi Saya Aretha Franklin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber E! News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.