Hanya Tulus yang Tak Lipsync Saat Pembukaan Asian Games 2018

Kompas.com - 23/08/2018, 18:27 WIB
Penyanyi Tulus tampil menyanyikan lagu Indonesia Raya di Upacara Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018). ANTARA/INASGOC/Ridhwan SiregarPenyanyi Tulus tampil menyanyikan lagu Indonesia Raya di Upacara Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Beberapa hari terakhir lipsync menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet sejak Via Vallen dan Rossa mengaku tak bernyanyi langsung saat itu.

Namun, rupanya tak semua penampil di perhelatan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (18/8/2018) tersebut.

Menurut Via, lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang dinyanyikan Tulus untuk mengiringi pengibaran bendera merah putih dibawakan secara langsung.

"Semua lipsync, kecuali 'Indonesia Raya'," kata Via dalam wawancara di Ayana Midplaza, Jakarta Pusat, Kamis (23/8/2018).

Baca juga: Bawakan Indonesia Raya, Tulus Menitikkan Air Mata

Ia mengatakan, menyanyikan "Indonesia Raya" secara langsung adalah sebuah bentuk penghormatan terhadap ciptaan WR Soepratman itu sebagai lagu kebangsaan.

"Karena memang lagu kebangsaan itu enggak boleh lipsync. Jadi semua lipsync, kecuali 'Indonesia Raya'," ujar Via.

Pelantun "Sayang" ini mengatakan, sudah lupa kapan tepatnya ia dan beberapa penampil lain merekam suara mereka atau melakukan pre-recorded untuk acara tersebut.

"Lupa. Saya juga enggak sampai semingguan. Seminggu sebelum live mungkin," kata Via.

Baca juga: Wishnutama: Via Vallen Tak Perlu Minta Maaf soal Lipsync

Sebelumnya, Creative Director Opening Ceremony Asian Games 2018 Wishnutama mengatakan, ada penyanyi yang tetap menyanyi secara live.

"Rasanya hampir semua enggak (menyanyi live) ya. Kecuali dia benar-benar aman, posisi dia secure," jawab Wishnutama dalam perbincangan dengan artis musik Anji yang diunggah di kanal YouTube-nya, Dunia Manji, Selasa (21/8/2018).

Ia juga menjelaskan bahwa selama upacara pembukaan berlangsung, digunakan sekitar 7.000 wireless earpiece monitor.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X