Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman "Shooting" di Hongkong Bikin Arifin Putra Belajar Disiplin

Kompas.com - 23/08/2018, 20:13 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Arifin Putra (31) mengaku banyak belajar setelah ia pulang dari Hongkong untuk keperluan shooting mini seri Sparks yang melibatkan artis peran internasional seperti James Yang, Jamie Ha, dan Samantha Staynings.

"Hongkong lebih tegas," kata Arifin dalam jumpa pers di Papua Room, DBS Tower, Jakarta Pusat, Kamis (23/8/2018).

Menurut Arifin, kehidupan di Hongkong serba disiplin dan tegas. Contohnya, masih kata dia, suatu ketika ada seorang kru yang dikeluarkan dari tim produksi karena tidak berdisiplin.

"Di sana enggak ada kesempatan kedua, dia langsung dipecat," ucap Arifin.

Pemain film The Raid 2 itu pun membandingkan dengan produksi film yang ada di Indonesia. Meski tidak semua, kata Arifin, untuk beberapa produksi film di Tanah Air masih kurang menjunjung nilai-nilai disiplin.

Baca juga: Sparks, Ketika Arifin Putra Mainkan Peran Seorang Bankir

"Kru kita di sini kadang suka bercanda dan berisik. Para sutradara kadang sampai harus bilang, 'Diam semua ya', baru diam. Kadang kalau di sini (Indonesia) ngopi atau sebats (merokok satu batang) dulu baru mulai," kata Arifin.

"Kalau di sana, enggak. Kalau shooting jam 9, ya jam 8 udah pada siap. Kalau lagi ada adegan, mereka (kru) pada diam," sambung dia.

Berangkat dari hal itu, Arifin mengaku banyak belajar mengenai kedisiplinan dalam bekerja di industri film internasional.

"Iya membuka jalan ke internasional. Ingin jadi aktor lintas negara. Gua ada misi memperkenalkan Indonesia, semoga ke depan proyek yang di bisa memperkenalkan Indonesia," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com