Hari Ini dalam Sejarah: The Walt Disney Company Berdiri..

Kompas.com - 16/10/2018, 11:41 WIB

KOMPAS.com - Mickey Mouse, Donald Duck, Goofy merupakan tiga karakter kartun yang paling populer di dunia. Ketiga karakter dengan sifat dan perilaku berbeda itu merupakan tokoh rekaan The Walt Disney Company, yang berulang tahun hari ini.

Hari ini 95 tahun yang lalu, tepatnya 16 Oktober 1923 The Walt Disney Company berdiri atas kolaborasi kakak beradik Walt Disney dan Roy Oliver Disney.

Pada awal pendiriannya, nama yang digunakan adalah Disney Brothers Cartoon Studio yang berpusat di Burbank, California, Amerika Serikat.

Melalui berbagai macam pendekatan bisnis yang berbeda, mereka menjadikan Walt Disney Company menjadi salah satu industri hiburan dan media terbesar di dunia.

Bangunan pertama

Pada awalnya, perusahaan ini berdiri di sebuah kantor kecil yang terletak di Los Angeles, Amerika Serikat. Tempat itulah sebagai ide awal pembentukan The Walt Disney Company.

Walt Disney dengan pengalaman sebagai animator, sedangkan saudaranya Roy Oliver Disney dengan pengalaman sebagai seorang pengusaha, mulai berkolaborasi mengembangkan ide-ide kreatif di bidang animasi.

Baca juga: Menjaga Warisan Walt Disney dengan Inovasi dan Teknologi

Animasi film pendek yang sering disebut Alice Comedies mulai mereka produksi pada periode 1920-an. Beberapa bulan, film pendek itu mulai laris dipasarkan dan menjadikan lokasi pengembangan juga diperluas dengan berbagai fasilitas yang mumpuni.

Pada 1928, Mickey Mouse lahir di studio itu. Setelah karakter tikus, Disney juga mengembangkan karakter lain seperti Pluto, Goofy, Donald Duck, dan anggota geng Disney lainnya.

Karakter Goofy berpose di area Hong Kong Disneyland Resort (HKDL).Ampersand Studio Co. Ltd. Karakter Goofy berpose di area Hong Kong Disneyland Resort (HKDL).

Pada 1937, figur animasi dengan berbagai karakter tokoh mulai ditampilkan secara bersamaan. Setelah itu, figur kartun hewan mulai dikenal di masyarakat.

Sejumlah film berikutnya juga dikembangkan dengan karakter baru, antara lain Snow White and the Seven Dwarfs (1937), Pinocchio (1940), dan Fantasia (1940).

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.