Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayu Azhari Fasilitasi Bantuan untuk Sulteng dari Komunitas Swedia

Kompas.com - 21/10/2018, 12:40 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Ayu Azhari ikut memberikan bantuan kepada korban bencana alam di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Ayu memfasilitasi agar Komunitas Scandinavian Doctors in Cooperation with Erik Aid, sebuah komunitas medis asal Swedia bisa terlibat menanggani korban di Sulawesi Tengah.

"Karena ada sahabat kami komunitas dokter dari Swedia yang akan menjadi relawan untuk membantu. Mereka ahli tulang dan lain-lain," ujar Ayu saat dijumpai di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (20/10/2018).

Agar komunitas tersebut bisa tiba di Indonesia, Ayu berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Memang perlu dan ada persyaratanya. Kita harus tahu ke mana, PMI membuka tangan dengan lebar," ujarnya.

Menurut Ayu, bantuan medis masih sangat diperlukan oleh korban bencana alam di sana. Kebutuhan itu setelah rekan Ayu, Rendy Lamadjido, yang merupakan tokoh masyarakat setempat dan anggota DPR RI menyampaikan kepada Ayu.

Rencananya, kata Ayu, akan ada lima atau enam dokter yang akan berangkat dari Swedia.

"Rencana lima atau enam orang. Dengan membawa alat-alat sendiri, ongkos sendiri, semua ditanggung dari mereka," kata Ayu.

"Rekomendasi sudah dapat, tinggal nama-nama siapa saja yang akan datang (dokter dari Swedia). Mungkin minggu depan, segera (sampai di Palu). Kan untuk datang ke sini harus ada visa yang diurus. Dari Swedia-nya," ujarnya lagi.

Sementara kesediaan Ayu untuk membantu lantaran punya hubungan yang dekat dengan masyarakat Palu. Ayu sudah ke Palu sejak 15 tahun lalu. Banyak teman-teman Ayu yang juga menjadi korban.

"Kebetulan saya berusaha memberikan yang terbaik untuk bisa saling mendukung. Karena, intinya dalam hidup mencari keberkahan dan saling mendukung," kata dia.

Baca juga: Kota Kupang Ketamuan Mike Tramp dan Ayu Azhari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com