Wafat pada Usia 57, Ini 5 Fakta Pencipta SpongeBob SquarePants

Kompas.com - 28/11/2018, 13:16 WIB
Sutradara dan kreator Spongebob SquarePants Stephen Hillenburg menghadiri pemutaran perdana film The Spongebob Squarepants Movie di Graumans Chinese Theatre. Los Angeles, California, pada 14 November 2014. Mark Mainz/Getty Images/AFPSutradara dan kreator Spongebob SquarePants Stephen Hillenburg menghadiri pemutaran perdana film The Spongebob Squarepants Movie di Graumans Chinese Theatre. Los Angeles, California, pada 14 November 2014.

KOMPAS.com - Hari ini atau Rabu (28/11/2018) waktu Amerika Serikat, pencipta karakter animasi SpongeBob SquarePants, Stephen Hillenburg, meninggal dunia dalam usia 57 tahun.

SpongeBob SquarePants merupakan karakter animasi berbentuk spons kuning kotak yang memiliki tangan dan kaki. Dia juga ditemani sejumlah karakter unik seperti Patrick Star atau Squidward.

Selama hidupnya, Hillenburg menjadikan animasi SpongeBob SquarePants populer setelah tampil di jaringan televisi remaja di Amerika Serikat, Nickelodeon.

Berikut beberapa fakta Hillenburg dalam pembuatan animasi SpongeBob SquarePants:

1. Sebanyak 242 episode

Hillenburg pertama kali membuat karakter Spongebobs Squarepants pada 1999. Hingga akhir hayatnya, Hillenburg telah menciptakan 242 episode Spongebobs Squarepants.

Selain itu, Hillenburg juga memproduksi dua film Spongebobs Squarepants yang berjudul SpongeBob SquarePants Movie pada 2004 dan Sponge Out of Water pada 2015.

2. Ahli biologi laut

Dilansir dari The Guardian, selain sebagai animator, Hillenburg juga merupakan ahli biologi laut.

Hillenburg kecil memang sangat menyukai kehidupan bawah laut, karena ia dibesarkan di pos Angkatan Darat AS di Lawton, Oklahoma.

Sementara, ayahnya bekerja di militer dan ibunya merupakan seorang pengajar siswa tunanetra.

Pada 1984, Hillenburg dan keluarganya memutuskan pindah ke California dan ia langsung memulai karirnya sebagai pengajar biologi kelautan di Intitut Kelautan di Dana Point, California.

Saat itu, Hillenburg memakai bakat alaminya, yakni menggambar, untuk mengilustrasikan cerita dan menulis untuk membantu mengajarkan murid-muridnya. Dia menciptakan karakter penuh warna yang nantinya akan menjadi penghuni Bikini Bottom.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X