Seniman Ini Bikin Wayang 2D Aquaman, Nama Berubah Jadi Tirtajalma

Kompas.com - 14/12/2018, 11:23 WIB
Salah satu seniman asal Surabaya, Is Yuniarto (37) membuat tokoh wayang Aquaman dengan versi digital yang bernama Tirtajalma. Instagram: Is YuniartoSalah satu seniman asal Surabaya, Is Yuniarto (37) membuat tokoh wayang Aquaman dengan versi digital yang bernama Tirtajalma.

KOMPAS.com - Akhir tahun ini, para penggemar film aksi superhero dipuaskan dengan kemunculan Aquaman (2018) di beberapa bioskop Tanah Air.

Dengan mengambil momentum kemunculan film Aquaman, salah satu seniman asal Surabaya, Is Yuniarto (37) membuat tokoh wayang Aquaman versi digital.

"Saya bikin wayang ini sebagai lanjutan dari seri wayang superheroes. Tentunya karena karakter dan tema Aquaman ini akrab dengan Indonesia yang memiliki wilayah perairan yang sangat luas serta legenda dan mitos-mitos lautan," ujar Is saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (14/12/2018).

Menurut Is, pewayangan di Indonesia memiliki tokoh wayang yang orisinal atau yang tidak ada pada cerita "Mahabharata" versi India, yang bernama Antasena, saudara Gatotkaca.

"Antasena ini putra Bima dan Dewi Urangayu. Ia punya kesaktian bisa bernafas di dalam air, seperti Aquaman," ujar Is.

Baca juga: Komikus Indonesia Bikin Desain Wayang Venom...

Tirtajalma

Selain itu, layaknya beberapa tokoh wayang superhero yang pernah dibuat Is, ia juga mengganti nama wayang Aquaman menjadi Tirtajalma.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun nama Tirtajalma ini diperoleh dari kata "Tirta" yang artinya "air", dan "Jalma" yang berarti "orang".

Untuk saat ini, Is hanya menggarap wayang Tirtajalma ini dalam bentuk digital saja dan belum berencana membuat versi wayang fisik.

Is mengaku bahwa dirinya membuat wayang Tirtajalma memerlukan waktu selama dua hari.

"Proses sekitar dua hari. Mulai dari observasi bentuk wayang dan kostum, sketsa, tinta, dan pewarnaan digital," ujar Is.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.