"Titanic" Tayang Perdana pada 19 Desember 1997, Jalan Menuju Film Terlaris

Kompas.com - 19/12/2018, 10:47 WIB
Adegan dalam film Titanic yang dibintangi oleh Leondardo DiCaprio dan Kate Winslet. GLAMOUR.COMAdegan dalam film Titanic yang dibintangi oleh Leondardo DiCaprio dan Kate Winslet.

KOMPAS.com - Peristiwa tenggelamnya kapal RMS Titanic yang menabrak gunung es di Samudra Atlantik pada 15 April 1912 menjadi salah satu tragedi terbesar abad ke-20.

Titanic yang menjalani pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris menuju New York, Amerika Serikat itu tenggelam saat membawa 1.517 orang penumpang dan awak.

Ada banyak spekulasi mengenai penyebab peristiwa itu, baik karena efek bulan purnama atau anjuran kapal lain yang tak dihiraukan oleh kapten kapal RMS Titanic.

Terinspirasi dari kisah bersejarah itu, seorang sutradara Kanada, James Cameron, membuat cerita berlatar belakang perjalanan RMS Titanic yang dibumbui dengan roman percintaan dua anak muda yang berbeda kasta.

Hari ini 21 tahun yang lalu, tepatnya pada 19 Desember 1997, film itu mulai disiarkan di bioskop-bioskop berbagai penjuru dunia. Bermula dari Amerika Serikat, akhirnya film ini mulai tersebar ke berbagai negara.

Dilansir dari History.com, selain mengisahkan bagaimana tenggelamnya kapal itu ke dalam lautan, film ini juga mengisahkan kisah cinta.

Film Titanic bercerita mengenai Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet), perempuan kaya yang sudah menjadi tunangan orang, kemudian bertemu Jack Dawson (Leonardo DiCaprio), seorang petualang kelas pekerja dan seniman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski Rose dan Jack merupakan karakter fiktif, peristiwa utama dan detail film dibuat seperti nyata secara historis. Karakter lain dalam Titanic juga sesuai dengan orang-orang yang benar ada pada masa lalu.

Salah satunya adalah seorang jutawan Amerika Serikat John Jacob dan Molly Brown yang ikut digambarkan dalam kisah itu ketika kapal mulai tenggelam di Atlantik Utara.

Baca juga: Ini Menu Makan Siang Kru Titanic Sebelum Pelayaran Nahas Tersebut

Terjun meneliti langsung

Setelah diluncurkan ke bioskop-bioskop, Titanic mendapat respons yang baik dari masyarakat. Pasalnya, ketika masa Perang Dunia II, film yang menceritakan tentang RMS Titanic pernah dibuat, namun mendapat penolakan keras dari beberapa kalangan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X