Ernest Prakasa Anggap Kritikus Film Sebagai Pengingat

Kompas.com - 03/01/2019, 10:19 WIB
Ernest Prakasa berpose di sela-sela media visit promo film Milly dan Mamet, di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta, Senin (17/12/2018). Ernest Prakasa menjadi sutradara dalam film drama komedi Milly dan Mamet ini. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESErnest Prakasa berpose di sela-sela media visit promo film Milly dan Mamet, di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta, Senin (17/12/2018). Ernest Prakasa menjadi sutradara dalam film drama komedi Milly dan Mamet ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara dan komika Ernest Prakasa berpendapat bahwa kritikus film sangat penting bagi sineas seperti dirinya.

Ernest mengatakan itu saat ditemui dalam jumpa pers syukuran satu juta penonton film Milly & Mamet di kawasan Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (31/12/2018).

"Jadi buat gua pribadi karena gue udah merasakan ya, ada pengingat gitu dan itu penting banget," kata Ernest.

Bagi Ernest, penilaian para kritikus bisa menjadi pelajaran yang menyenangkan.

"Penting banget sih bagi gue kritikus, itu makanya sekarang udah banyak kritikus yang enggak cuma blogger, tapi kritikus YouTube, me-review film di YouTube," ujar Ernest.

"Itu udah banyak banget walaupun followers-nya enggak ratusan ribu dan itu jadi proses pembelajaran yang menyenangkan buat gue bahkan gue juga nonton kritik kan mereka tentang film-film Indonesia juga," imbuhnya.

Ernest tidak memungkiri bahwa gaya kritikus dalam menyampaikan penilaian dan pendapat berbeda-beda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada beberapa kritikus yang mengkritik ya beda-beda, ada yang mengkritik sesantun mungkin, sepedas mungkin dan itu memang gayanya," tutur Ernest.

"Lambat laun memang harus membiasakan diri dengan gaya masing-masing kritikus itu, cuma buat gua sih mau sejahat apapun mau sepedas apapun pasti ada sesuatu dibalik itu semua. Gua berusaha ngangkat apa sih poinnya dia dan itu selalu ada aja," sambungnya.

Baca juga: Ernest Prakasa Belajar dari Kritikus Film

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.