Black Panther Jadi Film Superhero Pertama yang Masuk Nominasi Film Terbaik Oscar

Kompas.com - 23/01/2019, 06:28 WIB
Baru-baru ini, akun resmi Marvel Studios mengirimkan 9 buah gambar yang disinyalir merupakan cuplikan film ketiga dari kelompok superhero Avengers dalam Avengers: Infinity War. MARVEL STUDIOSBaru-baru ini, akun resmi Marvel Studios mengirimkan 9 buah gambar yang disinyalir merupakan cuplikan film ketiga dari kelompok superhero Avengers dalam Avengers: Infinity War.

KOMPAS.com - Film Black Panther terus membuat sejarah. Layar lebar arahan Ryan Coogler itu, kali ini menjadi film superhero pertama yang masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Picture atau Film Terbaik.

Pada Selasa (22/1/2019), Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) mengumumkan bahwa Black Panther mendapatkan total tujuh nominasi Oscar tahun ini.

Dalam kategori Best Picture, film yang dibintangi Chadwick Boseman itu bersaing dengan BlacKkKlansman, Bohemian Rhapsody, The Favourite, Green Book, Roma, A Star is Born, dan Vice.

Selebihnya, Black Panther juga menjadi nomine untuk kategori Best Costume Design, Best Sound Editing, Best Sound Mixing, Best Original Score, Best Original Song, dan Best Production Design. 

Meskipun film-film superhero sudah pernah menjadi nomine bahkan menang dalam beberapa kategori Academy Awards, sebagian besar mereka hanya masuk dalam kategori teknis seperti Best Sound dan Visual Effects.

Pada 2018, James Mangold dan Michael Green masuk nominasi Skenario Adaptasi Terbaik untuk film yang selalu diremehkan, Logan.

Jauh sebelumnya pada 2009, mendiang Heath Ledger memenangkan piala Oscar sebagai Aktor Pendukung Terbaik berkat perannya sebagai penjahat paling terkenal di dunia komik, Joker, dalam The Dark Knight.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara keseluruhan, film karya sutradara Christopher Nolan itu meraih delapan nominasi Oscar, namun tidak masuk dalam kategori Best Picture. Sementara film Wonder Woman, yang digadang-gadang akan masuk Oscar, terlewatkan.

Sebelum sampai ke Oscar, Black Panther sudah mengumpulkan pujian besar di sejumlah ajang penghargaan. Di antaranya nominasi dari Critics 'Choice Awards, SAG, BAFTA, dan nominasi Golden Globe di mana film itu juga membuat sejarah.

Black Panther menjadi film superhero pertama yang mendapatkan nominasi sebagai Film Drama Terbaik dalam Golden Globes.

Malam puncak Academy Awards 2019 akan berlangsung di Dolby Theatre di Hollywood, AS, pada 24 Februari pukul 18.30 waktu setempat.

Baca juga: Simak Daftar Nominasi Piala Oscar 2019

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ET Online
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.