Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Black Panther Jadi Film Superhero Pertama yang Masuk Nominasi Film Terbaik Oscar

Kompas.com - 23/01/2019, 06:28 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

Sumber ET Online

KOMPAS.com - Film Black Panther terus membuat sejarah. Layar lebar arahan Ryan Coogler itu, kali ini menjadi film superhero pertama yang masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Picture atau Film Terbaik.

Pada Selasa (22/1/2019), Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) mengumumkan bahwa Black Panther mendapatkan total tujuh nominasi Oscar tahun ini.

Dalam kategori Best Picture, film yang dibintangi Chadwick Boseman itu bersaing dengan BlacKkKlansman, Bohemian Rhapsody, The Favourite, Green Book, Roma, A Star is Born, dan Vice.

Selebihnya, Black Panther juga menjadi nomine untuk kategori Best Costume Design, Best Sound Editing, Best Sound Mixing, Best Original Score, Best Original Song, dan Best Production Design. 

Meskipun film-film superhero sudah pernah menjadi nomine bahkan menang dalam beberapa kategori Academy Awards, sebagian besar mereka hanya masuk dalam kategori teknis seperti Best Sound dan Visual Effects.

Pada 2018, James Mangold dan Michael Green masuk nominasi Skenario Adaptasi Terbaik untuk film yang selalu diremehkan, Logan.

Jauh sebelumnya pada 2009, mendiang Heath Ledger memenangkan piala Oscar sebagai Aktor Pendukung Terbaik berkat perannya sebagai penjahat paling terkenal di dunia komik, Joker, dalam The Dark Knight.

Secara keseluruhan, film karya sutradara Christopher Nolan itu meraih delapan nominasi Oscar, namun tidak masuk dalam kategori Best Picture. Sementara film Wonder Woman, yang digadang-gadang akan masuk Oscar, terlewatkan.

Sebelum sampai ke Oscar, Black Panther sudah mengumpulkan pujian besar di sejumlah ajang penghargaan. Di antaranya nominasi dari Critics 'Choice Awards, SAG, BAFTA, dan nominasi Golden Globe di mana film itu juga membuat sejarah.

Black Panther menjadi film superhero pertama yang mendapatkan nominasi sebagai Film Drama Terbaik dalam Golden Globes.

Malam puncak Academy Awards 2019 akan berlangsung di Dolby Theatre di Hollywood, AS, pada 24 Februari pukul 18.30 waktu setempat.

Baca juga: Simak Daftar Nominasi Piala Oscar 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ET Online
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com