Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Kesal Aquaman Tak Masuk 10 Besar Calon Nomine Efek Visual Terbaik Oscar 2019

Kompas.com - 07/01/2019, 16:34 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sutradara film Aquaman, James Wan, merasa kesal karena Academy of Motion Arts tidak memasukkan superhero DC-nya dalam shortlist atau daftar pendek efek visual terbaik Oscar 2019.

Wan menyampaikan rasa kecewanya saat menuliskan komentar di akun Facebook pengawas efek visual Aquaman, Kelvin McIlwain.

"Kelvin, kau dan departemenmu adalah pahlawan tanpa tanda jasa untuk film ini," tulis Wan.

"Fakta bahwa Academy tidak mengakui atau menghargai kontribusi yang kita atau rekan-rekan VFX-mu semua berikan pada film ini adalah hal yang memalukan," tambahnya.

Baca juga: Aquaman Tetap Berjaya, Escape Room Mengikuti

Sebelumnya, daftar pendek efek visual terbaik untuk Oscar tahun ini telah diumumkan. Ada 10 film calon potensial di dalamnya, termasuk Avengers: Infinity War, Black Panther, Ant-Man  and Wasp, First Man, dan Ready Player One.

Namun, Aquaman tak masuk ke dalam 10 besar tersebut.

"Aku bersamamu James. Sangat mengejutkan bagi semuanya bahwa kita tidak berada dalam 10 film yang akan tampil di Academy VFX Bake-off," balas McIlwain.

Setelah tayang perdana pada awal Desember 2018, Aquaman dengan cepat menjadi salah satu adaptasi komik DC paling sukses sepanjang masa. Aquaman melampaui pencapaian Wonder Woman di box office global.

Sebagai informasi, 10 film dalam daftar kategori Efek Visual untuk Academy Awards itu dipilih oleh Komite Eksekutif Cabang Efek Visual.

Baca juga: Aquaman Lampaui Dua Film Superhero Marvel di Box Office

Semua anggota Cabang Efek Visual diundang untuk melihat cuplikan 10 menit dari masing-masing film yang terpilih pada Sabtu, 5 Januari 2019.

Setelah pemutaran, mereka akan memilih lima film yang layak menjadi nomine Efek Visual Terbaik Oscar 2019.

Selain beberapa film yang sudah disebutkan di atas, daftar itu itu juga diisi oleh film Christopher Robin, Jurassic World: Fallen Kingdom, Mary Poppins Returns, Solo: A Star Wars Story, dan Welcome to Marwen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com