Boyband BTS Jadi Mata Kuliah di Universitas California Berkeley

Kompas.com - 08/02/2019, 06:00 WIB
Boyband BTS menerima medali kehormatan bidang kebudayaan dari pemerintah Korea Selatan dalam sebuah acara di Seoul, Rabu (24/10/2018).Instagram/Korea Dispatch Boyband BTS menerima medali kehormatan bidang kebudayaan dari pemerintah Korea Selatan dalam sebuah acara di Seoul, Rabu (24/10/2018).

KOMPAS.com - Universitas California, Berkeley, AS, menawarkan mata kuliah khusus tentang boyband asal Korea Selatan, BTS.

Mata kuliah khusus ini diluncurkan oleh sepasang ARMY, nama penggemar BTS, yang ingin menciptakan ruang untuk menganalisis fenomena boy group bentukan Big Hit Entertainment itu.

Mata kuliah yang berjudul Next Generation Leaders: BTS itu adalah bagian dari program Democratic Education at Cal program (DeCal), program pendidikan demokrasi yang dijalankan mahasiswa.

Menurut situs web DeCal, mata kuliah ini akan mengeksplorasi sejarah BTS, seni, dampak global, dan banyak lagi.

Baca juga: Penulis Paulo Coelho Kirim Buku Terbarunya ke BTS

"Mata kuliah ini akan fokus pada boyband Korea, BTS, dan dampak globalnya. Kami akan mencoba mengeksplorasi sejarah grup, sisi seni, filantropi, dan banyak aspek lainnya untuk menganalisis pengaruh yang berkembang di masyarakat serta keberhasilan internasional mereka," berikut deskripsi mata kuliah Next Generation Leaders: BTS tersebut.

"Selain itu, kami akan terjun ke dunia rumit yang telah mereka buat melalui konsep dan video album mereka, juga dikenal sebagai, Bangtan Universe. Kami juga akan melihat teks media seperti artikel, wawancara, dan video musik grup itu sendiri untuk memungkinkan siswa untuk berpikir kritis dan membuat teori mereka sendiri tentang kesuksesan boyband itu,” tambah deskripsi itu.

Meskipun batas waktu pendaftaran telah berlalu, yakni 6 Februari 2019, ARMY di seluruh dunia membanjiri akun Twitter mata kuliah itu.

Baca juga: Park Bo Gum Bicara soal Kolaborasi dengan V BTS



Close Ads X