16 Idola K-Pop dan Makna Menarik di Balik Nama Panggung Mereka

Kompas.com - 10/02/2019, 17:52 WIB
Leader boyband EXO, Suho.Koreaboo Leader boyband EXO, Suho.

KOMPAS.com - Sejumlah idola K-pop, salah satunya yang menjadi member girlband atau boyband, tak menggunakan nama lahir mereka.

Umumnya mereka memiliki nama panggung tertentu. Di antara nama-nama itu, ada yang merupakan singkatan, mengambil kata dari bahasa lain, atau bagian dari nama asli yang dimodifikasi.

Berikut belasan idola K-Pop yang memiliki makna unik dan menarik di balik nama panggung mereka:

1. Suho (EXO)

Kim Jun Myeon adalah nama lahir Suho sang Leader EXO. Sesuai dengan tugasnya, nama Suho memiliki arti "melindungi EXO sebagai pemimpin mereka". Karena karakter Suho yang bertanggung jawab, ia sering diakui karena benar-benar bertindak seperti nama panggungnya.

2. Irene (Red Velvet)

Irene adalah nama dewi perdamaian dalam mitologi Yunani. Karena itulah nama ini dipilih untuk Bae Joo Hyun, leader Red Velvet. Nama dan maknanya itu dianggap sangat cocok untuknya.

3. I.M (MONSTA X)

I.M bernama lengkap adalah Im Chang Kyun. Tak seperti Suho atau Irene yang memiliki arti khusus, I.M menciptakan nama panggungnya menggunakan nama keluarganya “Im”.

4. Umji (GFRIEND)

Maknae atau member termuda dari GFRIEND, Umji, memiliki nama lahir Kim Ye Won. CEO agensinya memberinya nam apanggung Umji yang artinya "ibu jari" dalam bahasa Korea untuk menekankan sosok kecil dan imej imutnya.

5. J-Hope (BTS)

J-Hope muncul dengan nama panggung yang menggunakan inisial nama keluarganya, Jung Ho Seok. Kata "Jung" disingkap dengan huruf J saja dan dikombinasikan dengan kata "Hope atau harapan" sehingga ia akan menjadi orang yang penuh harapan.

6. S.Coups (SEVENTEEN)

Leader SEVENTEEN memilih nama panggungnya sendiri karena dia menginginkan nama yang terdengar seperti rapper. "S" adalah singkatan dari Seung Cheol (nama aslinya) dan SEVENTEEN. Sementara "Coups" adalah singkatan dari coup d’état atau kudeta dan success atau sukses.

7. Ravi (VIXX)

Nama panggung Ravi dipilih untuk Kim Won Sik karena artinya dalam bahasa Prancis. Ravi berarti "terpesona" atau "senang" dalam bahasa Prancis.
 
8. Solar (MAMAMOO)

Nama panggung Solar adalah referensi langsung ke karakter terakhir dari nama Koreanya, Kim Yong Sun. Nama ini juga dikatakan sebagai referensi untuk suku kata ke-5 dan ke-6 dari tangga lagu Barat, do-re-mi-fa-so-la-ti-do.

9. Onew (SHINee)

Onew adalah singkatan dari "the flow of warmth" atau aliran kehangatan dan merupakan nama panggung yang diberikan kepada oleh Lee Soo Man (bos SM Entertainment) sendiri kepada Lee Jinki. Senyum cerah dan hangat Onew sangat cocok dengan arti namanya.

10. D.O (EXO)

D.O atau Do Kyung Soo. Ia diberi nama D.O karena itulah nama keluarganya. Tak ada arti khusus. Sungguh nama panggung yang sederhana dan langsung to the point sama seperti pribadi D.O.

11. Key (SHINee)

Nama Key yang diberikan untuk Kim Ki Bum berarti "kunci untuk segalanya" karena ia benar-benar berbakat dalam segala hal. Mulai dari menari, menyanyi, dan bernyanyi rap, hingga mode, bahkan dalam bahasa.

12. Kai (EXO)

Nama Kai rupanya berarti "terbuka" dalam bahasa China. Artinya membuka hati penggemar. Diharapkan Kai juga mampu melakukan hal itu kepada penggemarnya.

13. Joy (Red Velvet)

Nama Joy diberikan kepada Park Soo Yeong oleh instruktur pelatih karena senyumnya yang cerah dan diarasa mampu membawa hal-hal yang “menyenangkan” selama promosi mereka.

14. B.I (iKON)

B.I yang digunakan leader iKON, Kim Han Bin, adalah singkatan untuk kata "Be I", yang berarti "Aku bisa menjadi apa saja" karena kata apa pun bisa muncul setelah "menjadi".

15. N (VIXX)

Nama asli N adalah Cha Hak Yeon. Dia menggunakan huruf terakhir dari nama Korea-nya nama panggungnya yakni "N", yang juga berarti "nasib" dalam bahasa Jepang.

16. V (BTS)

Kim Tae Hyung diberi pilihan nama yang termasuk V, Lex, dan Cis sebelum debutnya. Dia akhirnya memilih V untuk mewakili dirinya sendiri.

Baca juga: Industri K-Pop Diprediksi Bisa Hancur jika Tetap Serupa



Close Ads X