Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Diliput Media dan Belum Glamor, Ini Saat Piala Oscar Pertama Digelar

Kompas.com - 25/02/2019, 19:04 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pergelaran Academy Awards 2019 menyita banyak perhatian publik sepanjang Senin (25/2/2019) pagi ini atau Minggu malam waktu Amerika Serikat.

Bertempat di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Piala Oscar ke-91 itu menjadi menarik karena pencinta film dunia tak hanya melihat kejutan pemenang, tapi juga aksi para bintang.

Ajang ini seperti menjadi pembuktian prestasi bagi para bintang film dan seseorang yang bergerak di industri film.

Namun, kondisi itu berbeda dengan situasi pada pelaksanaan Academy Awards pertama. Acara yang digelar pada 1929 itu masih sepi dari jangkauan media dan pers.

Berawal dari Akademi

Dilansir dari History.com, acara ini awalnya dipelopori oleh maestro film Louis B Mayer. Dia membuat semacam Akademi pada 1927 sebagai organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk kemajuan dan peningkatan industri film di Hollywood.

Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) merupakan nama awal. AMPAS selalu memantau perkembangan industri film yang nantinya pada satu titik akan memberikan penghargaan sebagai apresiasi.

Lokasi penghargaan kali pertama di Hollywood Roosevelt HotelThe Telegraph Lokasi penghargaan kali pertama di Hollywood Roosevelt Hotel
Mayer juga menciptakan penghargaan ini adalah untuk menyatukan lima cabang industri film, termasuk aktor, sutradara, produser, teknisi, dan penulis.

Baca juga: Saat Pidato Olivia Colman Memancing Banyak Tawa di Ajang Piala Oscar..

Pada 16 Mei 1929, AMPAS mempersembahkan acara pertamanya. Penghargaan pertama diberikan untuk film yang diproduksi pada tahun 1927 hingga 1928.

Dilansir dari The Telegraph, bertempat di Blossom Room of Hollywood Roosevelt Hotel, Los Angeles, California acara kali pertama digelar.

Uniknya, acara itu tidak disiarkan pada radio atau televisi. Konsep glamor, mewah dan ketegangan tak menyelimuti mereka yang hadir pada pelaksanan awal.

Ketika itu, AMPAS membanderol harga tiket masuk dalam acara sekitar 5 dollar dan hanya sekitar 270 orang yang menghadiri ajang penghargaan bergengsi dengan 36 meja perjamuan.

Presiden AMPAS Douglas Fairbanks mendapatkan amanah menjadi pembawa acaranya. Upacara berlangsung hanya 15 menit dan AMPAS mempersembahkan Academy Awards, yang sekarang dikenal sebagai Oscar dalam 12 kategori.

Bagi para pemenang, akan diumumkan tiga bulan sebelum acara berlangsung.

Pemberian piala

Piala OscarAFP PHOTO/JOE KLAMAR Piala Oscar

Pemenang Academy Award pertama menerima patung yang dirancang oleh direktur seni Cedric Gibbons dan diukir oleh George Stanley.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com