"Seribu Racun", Sebuah Lagu Depresi dari Barasuara

Kompas.com - 05/03/2019, 09:34 WIB
Barasuara saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2019). KOMPAS.com/IRA GITABarasuara saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggarapan album kedua grup band Barasuara akhirnya rampung. Sembilan lagu diciptakan dari sepanjang awal 2015 hingga tahun ini.

Salah satunya berjudul "Seribu Racun". Lagu yang diciptakan sang vokalis, Iga Massardi, itu mengisahkan tentang depresi.

"Ini sebenarnya secara tema ini gue mengambil sebuah cerita yang mungkin menjadi pemikiran banyak orang. Lagu ini bercerita tentang depresi," kata Iga dalam jumpa pers di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (4/2/2019).

Iga bercerita, lagu itu terinspirasi dari teman dekatnya yang mengalami depresi. Iga pun menuangkan segala kekelaman yang dirasakan temannya itu ke dalam sebuah lagu.

"Sebuah premis di mana seseorang tidak memiliki jalan keluar karena dia akan sangat tersiksa dengan pikirannya sendiri, semua terasa gamang. Kenapa Seribu Racun? Karena itu memang racun ketika itu terjadi," sambungnya.

Pemain bass Gerald Situmorang menambahkan, saat mengulik lagu ini, para personel pun merasa tertekan karena album kedua tak kunjung rampung.

Baca juga: Pikiran dan Perjalanan Merangkum Kisah Barasuara Selama 4 Tahun

"Seribu Racun yang nulisnya Iga. Cuma memang kita workshop bareng di rumah Marco. Semua lagi stres karena enggak bisa bikin album kedua," ucap Gerald

"Konsepnya memang lirik dan melody dari Iga, gue kasih riff, cord dan Marco kasih rythm drum, jadi memang diskusi, kami rangkai berkali-kali lah, ini mesti ke mana," imbuhnya.

Baca juga: Tampil di Ismaya 15, Barasuara Gandeng Penari dari Teman Tuli

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.