Lakukan Dua Pelanggaran, Pesbukers Ditegur KPI Pusat

Kompas.com - 22/03/2019, 16:19 WIB
KPI Pusat Tegur Pesbukers Dokumentasi Pribadi/INSTAGRAMKPI Pusat Tegur Pesbukers


JAKARTA, KOMPAS.com — Baru saja kembali mengudara, program hiburan Pesbukers (ANTV) sudah mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Teguran itu diberikan kepada acara yang dipandu Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting untuk episode 22 Februari 2019 pukul 17.18 WIB.

Saat itu bintang tamu Pamela Safitri menggoyangkan bagian dadanya sambil menawarkan kopi yang dikerumuni oleh beberapa orang pria.

Selain itu pada episode 11 Februari 2019 pukul 16.16 WIB, KPI kembali menemukan pelanggaran pada siaran Pesbukers. Saat itu seorang pria berkata, "... Saya pikir RA itu ya singkatan dari Ruben A...".

Baca juga: Akhir Drama Raffi Ahmad vs Pesbukers

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Temukan Dua Pelanggaran, KPI Jatuhkan Sanksi untuk Pesbukers ANTV Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memutuskan memberi sanksi teguran tertulis untuk program siaran “Pesbukers” yang tayang di ANTV. Keputusan tersebut ditegaskan KPI dalam surat sanksinya untuk ANTV, Rabu (13/3/2019) pekan lalu . Berdasarkan pengaduan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis, KPI Pusat menemukan pelanggaran pada siaran “Pesbukers” yang tayang pada tanggal 22 Februari 2019 pukul 17.18 WIB (Selengkapnya: http://bit.ly/2UNNJ31 ) #siaransehatuntukrakyat #kpimemantau

A post shared by KPI Pusat (@kpipusat) on Mar 22, 2019 at 12:42am PDT

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tampilkan Goyang Pinggul, Pesbukers Ramadhan Dapat Peringatan Keras dari KPI

Menurut komisioner KPI, Hardly Stefano, muatan itu terbukti melanggar norma kesopanan dan kesusilaan.

"Jenis pelanggaran ini kami kategorikan sebagai pelanggaran atas kewajiban program siaran memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung oleh keberagaman khalayak terkait budaya serta kewajiban program siaran melindungi kepentingan anak," kata Hardly pada laman kpi.go.id seperti dikutip Kompas.com, Jumat (22/3/2019).

Pesbukers pun dinilai telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran KPI Tahun 2012 Pasal 9 dan Pasal 14 serta Standar Program Siaran KPI Tahun 2012 Pasal 9 dan Pasal 15 Ayat (1).

Atas pelanggaran ini, KPI memberikan sanksi tertulis untuk Pesbukers.

"Berdasarkan pelanggaran itu, kami memutuskan memberikan sanksi administratif teguran tertulis," kata Hardly.

KPI pun berharap agar pihak ANTV kembali mengacu pada P3 dan SPS KPI tahun 2012 dalam penayangan program siaran.

"Kami juga meminta ANTV segera melakukan perbaikan internal terhadap tayangan tersebut dan tidak lagi mengulangi kesalahan atau pelanggaran terhadap aturan dalam P3SPS," kata Hardly.

Sebelumnya Pesbukers kembali ke layar kaca pada 11 Februari 2019 setelah beberapa bulan belakangan vakum. Acara variety show ini masih menampilkan Raffi Ahmad, Ruben Onsu, Sapri, Anwar, dan Ayu Ting Ting sebagai bintang utamanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.