Banyak Film dalam Agenda Bentara Budaya Minggu Terakhir April 2019

Kompas.com - 14/04/2019, 17:20 WIB
Film animasi Panji Semirang Dok Bentara BudayaFilm animasi Panji Semirang
Penulis Ati Kamil
|
Editor Ati Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- April 2019 banyak film akan diputar oleh Bentara Budaya.

Di Balai Soedjatmoko Solo akan ada Sorot Kelir Bentara: Kisah yang Terserak, sementara di Bentara Budaya Bali akan ada Sinema Bentara #KhususMisbar: Sosok Anak dalam Animasi.

Balai Soedjatmoko Solo

Sorot Kelir Bentara: Kisah yang Terserak
Putar dan diskusi film karya mahasiswa Program Studi (Prodi) Film dan Televisi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
Selasa, 23 April 2019, mulai pukul 19.00 WIB

Tiga film yang akan diputar dan dijadikan bahan diskusi adalah Dendang Bantilang karya M Ikhwan Muharam, Manunggal karya Dior Octrianto Pamungkas, dan Mole karya Dimas Dwi Wardana.

Film-film tersebut dibikin untuk tugas akhir mereka. Film-film itu diputar untuk publik sebagai wujud pertanggungjawaban pihak Prodi Film dan Televisi ISI Surakarta kepada publik, khususnya para warga Solo.

Pemutaran film-film tersebut ditujukan untuk sekaligus menunjukkan contoh film-film dengan cerita yang mendekatkan para penonton ke akar sejarah dan budaya lokal Indonesia.

Disebut, tak banyak film macam itu dibikin dalam industri film Indonesia.

Baca juga: Bentara Budaya: Di Jakarta Film Benyamin S, di Bali Film Anti Korupsi

Pewarisan tradisi dalam pembuatan kapal pinisi di Sulawesi Selatan dijadikan bingkai cerita oleh M Ikhwan Muharam untuk film Dendang Bantilang.

Mus, anak pembuat kapal pinisi, memilih untuk mendapatkan nafkah dengan menjadi TKI di negeri orang daripada membuat kapal pinisi.

Dengan muatan lokal pula, Dior Octrianto Pamungkas melalui film dokumenter Manunggal menyodorkan perjalanan sentimental Guntur, penari Kethek Ogleng di Kota Kediri, Jawa Timur.

Guntur mengamen bermodal kemampuan menarinya itu merupakan bentuk aktualisasi seni tradisi di tengah gempuran hiburan populer untuk masyarakat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X