Lukman Sardi Antisipasi Efek Negatif Media Sosial pada Anak

Kompas.com - 25/04/2019, 11:03 WIB
Aktor Lukman Sardi saat ditemui dalam jumpa pers film 27 Steps of May di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAAktor Lukman Sardi saat ditemui dalam jumpa pers film 27 Steps of May di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Lukman Sardi kini lebih menjaga anaknya dalam bermain gawai dan media sosial.

Pria berusia 47 tahun ini mengatakan, bahwa media sosial bisa memberi pengaruh negatif terhadap perkembangan anak.

"Zaman sekarang itu bisa terjadi (Kekerasan pada anak), apalagi melalui media sosial. Bukan hanya sekadar ia menjadi korban kekerasan, tetapi melalui media sosial bisa juga membuat anak melakukan kekerasan," ucap Lukman saat ditemui dalam jumpa pers di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).

Baca juga: Lukman Sardi Sebut Film 27 Steps of May Mengangkat Isu yang Mendunia

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Lukman mulai menerapkan sistem kontrol kepada anak, agar bisa lebih terkendali dalam mendapatkan informasi yang berseliweran di media sosial.

"Banyak hal yang bisa kita lakukan, salah satunya mem-protect hal-hal yang akan ditonton anak-anak. Apapun yang ingin ia tonton, tidak akan ada di handphone. Semuanya harus ditonton lewat layar televisi di ruang keluarga," ucap Lukman.

"Tapi ini bukan berarti bikin anak gue enggak bisa ngapa-ngapain atau terkekang," sambungnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begitu, Lukman merasa bisa lebih tahu apa saja yang menjadi tontonan anak dan informasi yang didapat dari dunia luar.

"Kalau misalnya kita lihat, 'oh ini enggak bagus', ya enggak akan kita kasih. Kalau kita lihat bagus, ya kita kasih password-nya (gawai) ke dia baru dia bisa masuk (mainkan). Jadi memang hal-hal itu yang gue lakukan termasuk pendekatan secara ngobrol," imbuhnya.

Baca juga: Lukman Sardi Belajar Tinju demi Film 27 Steps of May

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.