Nagita Slavina Tak Sepakat dengan Pendidikan yang Sama Ratakan Anak

Kompas.com - 30/04/2019, 14:23 WIB
Nagita Slavina saat ditemui dalam sebuah acara diskusi pendidikan di Mal FX, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIANagita Slavina saat ditemui dalam sebuah acara diskusi pendidikan di Mal FX, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2019).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Nagita Slavina merasa gemas dengan sistem pendidikan yang menyamaratakan kemampuan dan potensi tiap anak.

Hal itu diutarakan oleh Nagita dalam sebuah acara diskusi pendidikan di Mal FX, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2019).

"Sebenarnya kegemasan aku itu yang sekarang banyak anak tuh yang disamakan dari segi pendidikannya, dari segi memperlakukan setiap anak. Kan setiap manusia tuh beda-beda jadi kenapa harus disamakan," kata Nagita.

Gigi, begitu ia biasa disapa, berpendapat setiap anak memiliki kemampuan dan potensi berbeda antara satu dengan yang lain.

"Kenapa kalau 'si ini gini, si ini gini' gitu, ya setiap orang kan beda personality-nya, beda pengalaman, hidupnya juga beda, itu gemas saja gitu kenapa banyak banget yang kayaknya harus disamakan kan beda," tutur Nagita.

Istri presenter Raffi Ahmad ini berpendapat setiap anak berhak mendapatkan metode pendidikan yang sesuai potensi masing-masing.

Hal itu pula yang saat ini ia coba terapkan kepada anaknya, Rafathar Malik Ahmad (3).

"Kalau buat anak sendiri itu di setiap anak kan beda, setiap orangtua beda. Jadi kalau buat dari aku pribadi buat anak aku sendiri harus dicontohkan dulu karena dia (Rafathar Malik Ahmad) masih umur tiga tahun," ucap Nagita.

"Dimulai dari orangtua dan lingkungannya dengan mengingatkan orang yang lebih dewasa menyontohkan yang terbaik buat saya," sambungnya.

Perempuan berusia 31 tahun ini menyatakan bahwa setiap orangtua wajib memperluas wawasan dan memperbaharui aktualisasi agar tiap anak dapat memaksimalkan potensi terbaiknya.

Menurut Nagita, orangtua merupakan gerbang utama dalam menentukan sukses tidaknya seorang anak, terutama dalam hal pendidikan.

Baca juga: Dikabarkan Hamil Anak Kedua, Ini Kata Nagita Slavina

"Kita sebagai orangtua itu belajar dari semua orang dari semuanya yang penting satu dengan belajarnya ke semua orang kita sebagai orangtua, saya sebagai ibu harus percaya diri kalau saya paling tahu tentang anak saya, saya paling bisa mengajarkan anak saya," ucapnya.

Salah satu cara yang kini mulai diterapkan oleh Nagita adalah dengan memberi mainan dan fasilitas yang sesuai dengan tumbuh kembang anak agar kepribadiannya tumbuh sesuai dengan usia.

"Aku biasanya ngecek dulu mainan itu yang seumurannya apa belum, kalau belum seumurannya berarti harus ditemani, harus diawasi gitu," imbuhnya.

Baca juga: Raffi Ahmad Bantah Nagita Slavina Hamil Anak Kedua



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X