Peter Mayhew Pemeran Chewbacca dalam Star Wars Meninggal Dunia

Kompas.com - 03/05/2019, 09:30 WIB
Peter Mayhew, pemeran karakter Chewbacca dalam film Star Wars, meninggal dunia pada Selasa (30/4/2019) dalam usia 74 tahun. Variety/ShutterstockPeter Mayhew, pemeran karakter Chewbacca dalam film Star Wars, meninggal dunia pada Selasa (30/4/2019) dalam usia 74 tahun.

KOMPAS.com - Aktor pemeran Chewbacca dalam film-film Star Wars, Peter Mayhew, meninggal dunia pada Selasa (30/4/2019) dalam usia 74 tahun. Pihak keluarganya mengumumkan kabar duka tersebut melalui akun Twitter milik mendiang Mayhew.

Disebutkan bahwa dia meninggal di rumahnya di Texas Utara, AS, dan dikelilingi oleh sanak saudaranya.

"Keluarga Peter Mayhew, dengan cinta dan kesedihan yang mendalam, berbagi berita bahwa Peter telah meninggal dunia. Dia meninggalkan kita semua pada 30 April 2019 malam bersama keluarganya di sisinya di rumahnya di Texas Utara," tulis akun Twitter @TheWookieeRoars.

Semasa hidup, Mayhew ditemukan oleh produser Charles H Schneer saat bekerja sebagai pelayan rumah sakit di London. Setelah itu, Mayhew berperan dalam film Sinbad and the Eye of the Tiger karya Ray Harryhausen.

Tahun berikutnya, dia didapuk memerankan salah satu karakter ikonik Star Wars, Chewbacca yang merupakan Wookiee yang berusia 200 tahun.

Baca juga: Emperor Palpatine Dipastikan Muncul dalam Star Wars: The Rise of Skywalker

Mayhew kemudian muncul dalam The Empire Strikes Back, Return of the Jedi, Revenge of the Sith, The Force Awakens, dan The Star Wars Holiday Special.

Seiring berjalannnya waktu, karena mobilitas Mayhew yang terbatas dan masalah kesehatan baru-baru ini, Joonas Suotamo yang kemudian memainkan Chewbacca dalam film-film Star Wars berikutnya.

Namun, Mayhew tak begitu saja meninggalkan karakter Chewbacca. Ia beralih menjadi konsultan untuk peran tersebut.

Di luar perannya dalam Star Wars, Mayhew mendirikan Yayasan Peter Mayhew, yang berupaya meringankan "penyakit, rasa sakit, penderitaan, dan kerugian finansial" yang ditimbulkan oleh peristiwa-peristiwa mengerikan.

Mayhew meninggalkan seorang istri, Angle, dan tiga anak.

Baca juga: Sutradara Star Wars: The Rise of Skywalker Merasa Ajaib Bisa Menampilkan Kembali Carrie Fisher

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Variety
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.