Sambangi MUI, Andre Taulany Sampaikan Permintaan Maaf

Kompas.com - 04/05/2019, 17:29 WIB
(dari kiri) Andre Taulany didampingi Ketua Komisi Dakwah MUI Muhammad Cholil Nafis menyampaikan permintaan maaf atas dugaan penghinaan yang dilakukan olehnya di Kantor Pusat MUI, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA(dari kiri) Andre Taulany didampingi Ketua Komisi Dakwah MUI Muhammad Cholil Nafis menyampaikan permintaan maaf atas dugaan penghinaan yang dilakukan olehnya di Kantor Pusat MUI, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian Andre Taulany mendatangi kantor pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (4/3/2019).

Kehadiran Andre untuk menyampaikan permintaan maaf atas sejumlah tuduhan yang menganggap dirinya menghina salah satu tokoh pemuka agama dan Nabi Muhammad SAW.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, setelah melakukan diskusi dengan beberapa pengurus MUI. Andre menyampaikan permintaan maaf didampingi Ketua Komisi Dakwah MUI Muhammad Cholil Nafis.

Baca juga: Andre Taulany: Daripada Ikut Komentar, Mending Saya Diam Saja

“Bismillahirahmanirrahim, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah di kesempatan yang baik ini, saya bisa hadir ke tempat ini untuk bersilaturahmi bertemu dengan bapak Kiai Haji Cholil, pertama-tama adalah untuk bersilaturahmi dan juga tentu saja ada maksud dari saya pribadi menyikapi permasalahan-permasalahan yang sedang terjadi terkait diri saya,” ucap Andre.

Andre menyadari bahwa ucapannya telah menyinggung banyak orang.

“Saya datang ke sini adalah untuk meminta maaf melalui MUI sebagai perwakilan umat Islam atas kekhilafan yang telah saya lakukan,” sambungnya.

Pria berusia 44 tahun ini menyatakan bahwa tak ada unsur kesengajaan darinya untuk melakukan penghinaan seperti apa yang disangkakan banyak orang.

“Saya umat muslim tentu juga cinta juga kepada Rasulullah Sallahualaihiwassalam (Nabi Muhammad SAW), di mana saya selalu menyebut namanya di dalam ibadah saya, dalam salat saya, salawat saya, jadi naudzubillahiminzalik kalau saya sampai menghina Nabi saya sendiri, Nabi kita semua Nabi Muhammad,” tuturnya.

Dengan permintaan maafnya tersebut, Andre berharap masyarakat mau memaafkannya.

“Dengan segala kerendahan hati, apabila ada candaan saya atau mungkin kata-kata saya yang secara tidak langsung menyakiti perasaan saudara-saudara semua, seluruh umat islam, saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya atas kehilafan dan juga kelalaian saya yang tanpa saya sengaja,” ungkapnya lagi.

“Untuk itu saya ke sini ketemu dengan Pak Kiai, mohon maaf dan mohon bimbingannya dari Kiai, MUI, dan para ulama, Ustad, tokoh pemuka agama, dan seluruh umat islam untuk saling mengingatkan dan memberikan masukan-masukan yang baik agar selamat dunia akhirat. Kira-kira seperti itu,” tutupnya.

Sebelumnya, Andre sempat dituding melecehkan salah satu pemuka agama, dan ia telah meminta maaf atas ketersinggungan itu.

Namun tudingan penghinaan oleh Andre kembali mencuat setelah sebuah video yang menampilkan dirinya muncul dan dianggap menghina Nabi Muhammad.

Baca juga: Proses Hukum Laporan terhadap Istri Andre Taulany Bisa Dihentikan, jika...

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X