Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Si Mamad Karya Sjuman Djaja Akan Diputar di Bentara Budaya Bali

Kompas.com - 19/05/2019, 19:45 WIB
Ati Kamil

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dunia anak, pendidikan, sekolah, dan cita-cita diminati sebagai bahan garapan oleh sejumlah sutradara film.

Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019, Bentara Budaya Bali akan menyuguhkan film-film fiksi dan dokumenter dengan tema-tema itu.

Kalau Anda berada di Bali, mampirlah ke sana untuk menikmati film-film tersebut.

Film-film itu akan diputar dalam acara Sinema Bentara #KhususMisbar: Bangku Sekolah dan Cita-cita pada Kamis dan Jumat, 23 Mei dan 24 Mei 2019, mulai pukul 18.00 WITA.

Baca juga: Bentara Budaya: Di Jakarta Film Benyamin S, di Bali Film Anti Korupsi

Ada lima film yang akan dipertontonkan. Empat film berasal dari Indonesia.

Film-film Indonesia itu adalah Harapan Anak Cenderawasih (Indonesia, 2012, durasi tujuh menit, sutradara FX Making); KUN (Indonesia, 2016, durasi 10 menit, sutradara Calista Bunga Anindya Kirana, produksi SMK Tunas Harapan Pati); Si Mamad (Indonesia, 1973, durasi 110 menit, sutradara Sjuman Djaja); dan 12 Menit (Indonesia, 2014, durasi 108 menit, sutradara Hanny R Saputra).

Satu film lainnya berasal dari Prancis. Jappeloup, judulnya(2013, durasi 135 menit, sutradara Christian Duguay), judulnya.

Baca juga: Karya 43 Pelukis Bali Lintas Generasi Dipamerkan dalam Kawitan

Lima film terpilih tersebut menggambarkan perjuangan dan kegigihan para tokohnya dalam meraih cita-cita mereka dengan berbagai keterbatasan atau sistem yang tidak berpihak.

Untuk pemutaran setiap film, Bentara Budaya Bali bekerja sama dengan pihak lain.

Harapan Anak Cenderawasih didukung oleh EAST Cinema dalam program East Indonesia #1; KUN oleh SMK Tunas Harapan Pati; Si Mamad oleh Sinematek Indonesia; 12 Menit oleh Bioskop Keliling BPNB Bali Kemendikbud RI; dan Jappeloup oleh Alliance Française Bali dan Institut Français d’Indonésie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com