Addie MS Ibaratkan Keberagaman Indonesia Seperti Sebuah Orkestra

Kompas.com - 21/05/2019, 06:05 WIB
Artis musik Addie MS dalam acara Deklarasi 111 Tahun Kebangkitan Indonesia yang digelar di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Artis musik Addie MS dalam acara Deklarasi 111 Tahun Kebangkitan Indonesia yang digelar di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis musik Addie MS mengibaratkan keberagaman Indonesia seperti sebuah orkestra. Di mana terdapat beragam jenis suara yang berbeda dalam sebuah kelompok musik.

"Dengan paduan suara, suara manusia, solo, kadang-kadang piano macam-macam bentuk, macam-macam suara, tetapi bayangkan dan macam-macam nada, masing-masing memainkan nada yang berbeda," kata Addie saat mengisi acara Deklarasi 111 Tahun Kebangkitan Indonesia yang digelar di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Meski menghasilkan suara yang berbeda, sebuah orkestra bila bersinergi akan menghasilkan suara yang harmoni.

"Tapi bagaimana fisik yang berbeda menyuarakan hal yang berbeda, tapi bisa bersinergi dengan satu kesatuan kemudian menjadikan satu bunyi yang indah, yang dasyat, yang bisa bikin orang menangis," ungkap Addie.

Baca juga: Addie MS Sebut Lebih Sulit Memandu Orkestra daripada Memandu Massa

Begitu juga dengan persatuan Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan ras.

"Bayangkan musik dibuat dari yg berbeda bisa menggerakan sanubari. Indonesia yang juga terdiri dari bermacam suku, bermacam golongan, agama. Bagaimana sekarang kita bisa mengapresiasi perbedaan," kata Addie.

"Nah mudah-mudahan dengan kemampuan mengapresiasikan perbedaan, mudah-mudahan kita bisa siap menghadapi keberangaman di Indonesia gitu," imbuh Addie MS.

Baca juga: Addie MS Ciptakan Mars TNI 15 Tahun Lalu

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X