Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Addie MS Sebut Lebih Sulit Memandu Orkestra daripada Memandu Massa

Kompas.com - 08/04/2019, 21:13 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Komposer Addie MS mengatakan, sebagai seorang konduktor, lebih sulit baginya memandu sebuah tim orkestra daripada memandu massa.

Addie diketahui akan memandu ribuan penonton Konser Putoh Bersatu menyanyikan lagu "Indonesia Raya" pada Sabtu (13/4/2019) di GBK, Jakarta Pusat.

"Lebih susah pandu orkestra. Ya kalau ini (pandu massa) susah susah gampang lah," kata Addie saat di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019).

Addie bercerita, saat memandu tim orkestranya, dia akan lebih banyak mengatur segala sesuatu di waktu latihan.

Baca juga: Addie MS Bakal Pandu Penonton Konser Putih Bersatu Nyanyikan Indonesia Raya

"Kalau di orkestra kan terdiri dari beberapa instrumen yang masing-masing punya partitur, jadi saya memandunya itu lebih banyak di latihan," tutur Addie.

"Di latihan saya akan lebih banyak cerewet. Kalu satu lebih keras dari yang lain saya kasih tahu. Begitu konser saya memandu mereka sesuai partitur," sambung suami penyanyi Memes itu.

Sedangkan ketika memandu massa, Addie bertugas untuk menciptakan keselarasan antara musik pengiring dengan suara audience.

"Kalau memandu audience itu persoalannya lain sama sekali. Kita punya pengiring musik yang sudah direkam. Nah  pengiring musik itu untuk diselaraskan dengan audience, itu memang tantangannya luar biasa," ujar Addie.

"Kalau mereka enggak bisa dengar jelas suara rekamannya itu bisa enggak sinkron. Dan kadang saya sering alami itu. Nah tugas saya menyelaraskan itu, tantangannya beda," tambahnya.

Baca juga: Kevin Aprilio Ingin Dihibur Musik Orkestra Addie MS di Hari Pernikahannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com