Addie MS Sebut Lebih Sulit Memandu Orkestra daripada Memandu Massa

Kompas.com - 08/04/2019, 21:13 WIB
Addie MS dan Memes saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019). KOMPAS.com/IRA GITAAddie MS dan Memes saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com- Komposer Addie MS mengatakan, sebagai seorang konduktor, lebih sulit baginya memandu sebuah tim orkestra daripada memandu massa.

Addie diketahui akan memandu ribuan penonton Konser Putoh Bersatu menyanyikan lagu "Indonesia Raya" pada Sabtu (13/4/2019) di GBK, Jakarta Pusat.

"Lebih susah pandu orkestra. Ya kalau ini (pandu massa) susah susah gampang lah," kata Addie saat di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019).

Addie bercerita, saat memandu tim orkestranya, dia akan lebih banyak mengatur segala sesuatu di waktu latihan.

Baca juga: Addie MS Bakal Pandu Penonton Konser Putih Bersatu Nyanyikan Indonesia Raya

"Kalau di orkestra kan terdiri dari beberapa instrumen yang masing-masing punya partitur, jadi saya memandunya itu lebih banyak di latihan," tutur Addie.

"Di latihan saya akan lebih banyak cerewet. Kalu satu lebih keras dari yang lain saya kasih tahu. Begitu konser saya memandu mereka sesuai partitur," sambung suami penyanyi Memes itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan ketika memandu massa, Addie bertugas untuk menciptakan keselarasan antara musik pengiring dengan suara audience.

"Kalau memandu audience itu persoalannya lain sama sekali. Kita punya pengiring musik yang sudah direkam. Nah  pengiring musik itu untuk diselaraskan dengan audience, itu memang tantangannya luar biasa," ujar Addie.

"Kalau mereka enggak bisa dengar jelas suara rekamannya itu bisa enggak sinkron. Dan kadang saya sering alami itu. Nah tugas saya menyelaraskan itu, tantangannya beda," tambahnya.

Baca juga: Kevin Aprilio Ingin Dihibur Musik Orkestra Addie MS di Hari Pernikahannya



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X