Kuasa Hukum: Ahmad Dhani Tegar Saat Divonis 1 Tahun Penjara

Kompas.com - 11/06/2019, 18:36 WIB
Sidang vonis perkara ujaran kebencian Ahmad Dhani di PN Surabaya, Selasa (11/6/2019)KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Sidang vonis perkara ujaran kebencian Ahmad Dhani di PN Surabaya, Selasa (11/6/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum artis musik Ahmad Dhani, Aldwin Rahardian mengatakan kliennya tegar saat mendengarkan hakim menjatuhkan vonis kepadanya di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (11/6/2019).

"Tegar, tetap tegar. Malah tadi karena tahu, sedikit banyak belajar soal hukum, dia menyampaikan banding, dia sendiri yang menyampaikan banding," ujar Aldwin saat dihubungi wartawan, Selasa.

Aldwin menambahkan Dhani juga langsung memberi pernyataan kepada pers seusai sidang.

"Dia langsung konferensi pers sama saya. Dia bicara terlepas itu soal politik atau non politik dia tahu persis bahwa seharusnya dia lepas, karena dia mengikuti betul persidangannya," kata Aldwin.

Sebelumnya diberitakan Pengadilan Negeri Surabaya menjatuhkan vonis 1 tahun penjara kepada Ahmad Dhani.

Musisi itu dinyatakan bersalah melanggar Pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 Undang Undang RI nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dhani langsung menyatakan naik banding begitu hakim selesai membacakan putusannya.

"Sudah berkonsultasi. Langsung, langsung kami menyatakan banding, Yang Mulia," kata Dhani.

Majelis hakim yang awalnya tampak terkejut mendengar jawaban lugas dari suami penyanyi Mulan Jameela itu kemudian mengkonfirmasi hal tersebut kepada tim kuasa hukum Dhani.

"Begitu penasihat hukum? dari jaksa (Jaksa Penuntut Umum)? Pikir-pikir? baik, dengan demikian sidang dinyatakan selesai dan dinyatakan ditutup," kata Ketua Majelis Hakim, R Anton Widyopriono, di PN Surabaya.

Baca juga: Kuasa Hukum Sebut Ahmad Dhani Tak Akan Ditahan di Rutan Medaeng Lagi

Vlog "idiot" dilakukan Ahmad Dhani November 2018 lalu di lobi hotel Majapahit Surabaya. Dia tertahan saat akan menghadiri deklarasi ganti presiden di lapangan Tugu Pahlawan Surabaya.

Dhani diadang sekelompok massa agar tidak hadir di acara deklarasi ganti presiden. Ahmad

Dhani lantas membuat vlog untuk meminta maaf kepada panitia penyelenggara deklarasi ganti presiden dan mengabarkan kepada massa yang menghadiri acara deklarasi ganti presiden jika dirinya tidak keluar dari hotel karena diadang massa.

Baca juga: Kuasa Hukum Ungkap Alasan Ahmad Dhani Langsung Ajukan Banding



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X