Ditempa Putra Bubi Chen, Kini Kelvin Andreas Punya Vivid Imagery

Kompas.com - 16/06/2019, 09:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Buat sebagian orang, musik jazz dianggap sebagai genre yang berat, abstrak, dan rumit. Tapi, tidak bagi Kelvin Andreas. Menurut dia, musik jazz memiliki keunikan tersendiri.

Sejak usia 6 tahun, Kelvin akrab dengan musik. Alat musik pertama yang dia kuasai adalah drum. Beranjak SMP kecintaannya pada dunia musik bertambah.

Putra pasangan The Alexander Theogianto dan Selvia Ang itu kian rajin belajar musik dan mulai membentuk band bersama teman-temannya. Tak tanggung-tanggung dia mengasah kemampuan bermain drum-nya bersama Benny Chen, putra musisi legendaris Bubi Chen.

Alumnus SMA Kristen Petra 2 Surabaya ini sebenarnya tak mengotakkan jenis musik tertentu yang ingin dipelajarinya. Ini karena kekayaan musik justru terletak dari nada yang keluar dari instrumen yang dimainkan. Namun, saat menduduki bangku SMA, Kelvin diperkenalkan musik jazz oleh temannya.

Baca juga: Dewa Budjana Berharap Banyak Musisi Jazz Muncul dari Sarasehan Musik

"Setelah lebih mengenal jazz, saya jadi jatuh cinta. Musiknya unik dan punya karakter,” kata Kelvin dalam email yang diterima Kompas.com baru-baru ini.

Dia memutuskan untuk mendalami musik jazz bersama Yason Gunawan.

"Dari Yason Gunawan, saya belajar banyak seperti teori musik dan instrumen lain yaitu saksofon dan piano," ungkap Kelvin.

Pada awal April lalu, Kelvin merilis album yang berjudul Vivid Imagery. Terdapat tujuh buah lagu yang digarapnya sendiri. Kini, album itu bisa dinikmati di aplikasi musik digital, seperti Spotify dan iTunes. Lagu-lagu dari album itu digarap selama empat tahun saat belajar di Berklee.

Seusai lulus dari Berklee College of Music, Boston, pemuda kelahiran 20 September 1995 itu sering manggung diberbagai tempat. Terbaru, pada 2018 lalu, Kelvin tampil dalam acara Berklee China US Music Concert featuring Tia Ray di Boston, Massachusetts, dan Hanbeom nLee Jazz Quartet di New York.

Kelvin mengaku bahwa dia bisa menggebuk drum di panggung tersebut karena music director dari acara tersebut melihat performa dan kemampuan yang dimilikinya.

Hal paling membanggakan adalah Kelvin sebagai anggota band GRJ and the Recipe pernah mendapat nominasi Best Blues Act of the Year 2018 oleh New England Music Awards.

Terbaru, dia melakukan tur ke Washington DC dengan Ai’s Sakura Band selama tiga hari pada acara tahunan Cherry Blossom Festival.

"Dalam waktu dekat ini aku juga diundang buat acara TV AM Garden Show. Main dan sekalian bahas dan promo album Vivid Imagery," pungkas Kelvin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.