Raffi Ahmad Ungkap Fakta Baru soal Benjolan pada Pita Suaranya

Kompas.com - 10/07/2019, 15:41 WIB
Presenter Raffi Ahmad saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAPresenter Raffi Ahmad saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter dan artis peran Raffi Ahmad mengatakan bahwa benjolan yang terdapat pada lehernya akibat aktivitasnya sebagai pembawa acara yang sangat padat.

Menurut Raffi, jadwal padatnya sebagai pembawa acara telah memberi dampak kurang baik terhadap tenggorokan dan pita suaranya.

Suami Nagita Slavina ini menjelaskan bahwa sebenarnya benjolan pada lehernya belum terlalu berisiko.

"Sebenarnya benjolannya itu bukan benjolan yang gimana. Benjolan di pita suara karena memang overuse," ucap Raffi saat ditemui dalam jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).

Pria berusia 32 tahun itu menambahkan bahwa benjolan tersebut sebenarnya sudah lama ia rasakan, ternyata sejak beberapa tahun lalu.

"Sudah lama. Sudah dua tahun. Nanti kalau ada kabar terbaru pasti dikabari," kata Raffi.

Baca juga: Derai Air Mata Nagita Slavina Saat Raffi Ahmad Ungkap Penyesalan

Namun, ia belum bisa memastikan penyebab pasti benjolan itu. Ia mengaku belum punya waktu lowong untuk memeriksakannya lagi ke dokter.

"Tapi belum dicek lebih detail lagi. Nanti masih tunggu kabar juga sih. Sayanya masih belum ada waktu buat periksa," kata Raffi.

Sejauh ini, kata Raffi, efek dari benjolan itu membuat suaranya menjadi serak dan mudah mengganggu kesehatan tenggorokannya.

"Enggak, ini karena suara serak saja. Suaranya enggak balik-balik. Kan kalau misal suara serak terus, tenggorokan jadi radang terus," ujar ayah satu anak ini.

Baca juga: Tak Bisa Berkata-kata karena Raffi Ahmad, Nagita Slavina: Sedihlah Pokoknya

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X