Menghina BTS dan ARMY pada 2013, Rapper B-Free Minta Maaf

Kompas.com - 15/07/2019, 06:28 WIB
Rapper B-Free meminta maaf kepada BTS dan ARMY karena telah menghina mereka pada 2013. KoreabooRapper B-Free meminta maaf kepada BTS dan ARMY karena telah menghina mereka pada 2013.
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Rapper B-Free akhirnya meminta maaf kepada BTS dan ARMY (sebutan bagi penggemar BTS) atas ucapannya yang merendahkan boyband tersebut.

Pada Minggu (14/7/2019), B-Free menyatakan permintaan maafnya melalui Twitter.

“Kepada BTS dan penggemarnya, saya minta maaf atas kepedihan emosional yang saya sebabkan. Maafkan saya. Yang terbaik untuk kalian,” tulis rapper berusia 34 tahun itu.

B-Free kemudian menyebut BTS dalam twit berbeda dan menulis twitnya itu dalam bahasa Korea.

“Saya sangat menyesali tindakan-tindakan saya sebelumnya terhadap BTS dan penggemarnya. Saya mengira bisa menyatakan ini secara langsung suatu hari nanti tetapi… saat ini saya menyatakannya seperti ini,” kata rapper kelahiran Hawaii, AS itu.

Kejadian yang dimaksud B-Free sebenarnya terjadi pada 2013 lalu. Ketika itu RM (ketika itu masih menggunakan nama Rap Monster) dan Suga, B-Free serta beberapa artis hip hop lain menjadi bintang tamu program “Kim Bong Hyun’s Hip Hop Invitastional 1st Anniversary Broadcast”.

Dua member BTS, RM (kedua dari kiri) dan Suga (berjaket bulu) dalam sebuah program dengan bintang tamu para rapper pada 2013. Pada acara itulah, mereka direndahkan oleh rapper B-Free karena memilih jalur idola untuk karier musiknya.Koreaboo Dua member BTS, RM (kedua dari kiri) dan Suga (berjaket bulu) dalam sebuah program dengan bintang tamu para rapper pada 2013. Pada acara itulah, mereka direndahkan oleh rapper B-Free karena memilih jalur idola untuk karier musiknya.
Dalam acara itu, B-Free menyebut Suga dengan kata “seoltang”, bahasa Korea untuk gula.

“Saya yakin BTS belum mendengarkan lagu kami. Kami juga tidak mendengarkan musik BTS,” kata B-Free kepada Suga dan RM.

B-Free juga mengomentari perjalanan karier Suga dan RM yang merupakan underground rapper tetapi bergabung menjadi sebuah grup idola seperti BTS.

“Kalian bisa saja mengambil jalur tetap menjadi rapper, tetapi kalian tidak tahan godaan (menjadi idola),” ujar B-Free ketika itu.

Ia juga merendahkan para idola yang mengenakan riasan saat tampil dan menyebut mereka sebuah produk sebuah industri.

“Apakah musik BTS itu hip hop?” dan “apakah memakai riasan di panggung seperti perempuan itu hip hop?”, itulah dua ejekan yang dilontarkan B-Free saat itu.

Ketika penggemar BTS menuntut permintaan maaf, B-Free justru mengejek mereka.

“Saya tidak menyadari ternyata saya berdampak pada banyak orang. Tetapi jika kalian memikirkan yang akan saya katakan hari ini selama 20 menit, saya sarankan kalian mencari pacar,” kata B-Free ketika itu.

Baca juga: Kabar Gembira! BTS Umumkan Gelar Konser di Arab Saudi

Pada 2016, B-Free meminta maaf kepada BTS atas pernyataannya itu melalui serangkaian twit.

“Saya meminta maaf atas komentar saya yang jahat. Saya tidak perlu melakukannya. Saya sudah dewasa dan menikmati hidup," tulis B-Free saat itu.

"Saya menyadari membenci orang lain karena pekerjaan mereka bukanlah hal yang benar,” imbuh B-Free pada twitnya.

Baca juga: Foto-foto Konser BTS di Jepang Ini Bikin Mata Terbelalak

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Soompi
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X