Hotman Paris Minta Polisi Usut Kasus-kasus Lama Pablo Benua

Kompas.com - 16/07/2019, 07:23 WIB
Pengacara yang juga pembawa acara Hotman Paris Hutapea saat ditemui di Peluncuran Trailer film Aib #Cyberbully, di Plaza Senayan, Senin (2/7/2018). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Pengacara yang juga pembawa acara Hotman Paris Hutapea saat ditemui di Peluncuran Trailer film Aib #Cyberbully, di Plaza Senayan, Senin (2/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengacara Hotman Paris Hutapea mengatakan, Youtuber Pablo Benua memiliki kasus-kasus lama yang belum diusut tuntas oleh Polri.

Saat ini Pablo dijerat kasus penyebaran konten bermuatan asusila terkait video ikan asin dan ditetapkan tersangka. Hotman meminta kepolisian mengusut kasus-kasus lama Pablo yang mengendap tersebut. 

"Saya mengimbau kepada Polda Metro dan Mabes karena katanya ada beberapa kasus yang melibatkan Pablo sebagai terlapor, kok itu selama ini mandeg," kata Hotman kepada Kompas.com, Senin (15/7/2019).

Kasus yang dimaksud Hotman yakni dugaan penipuan yang dilakukan Pablo. Pada 2017, perusahaan milik Pablo, PT Inti Benua Indonesia diadukan melakukan investasi bodong. Sebab, perusahaan tersebut tak tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai perusahaan berizin.

Ia pun dilaporkan empat investornya atas dugaan pemalsuan dokumen, penipuan, hingga pencurian uang.

Pablo Benua dan Rey Utami saat ditemui di Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019).KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Pablo Benua dan Rey Utami saat ditemui di Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019).
Pablo juga pernah terkena kasus dugaan pemalsuan nama, di mana nama aslinya Frederick Anggasastra. Hal itu terungkap setelah kasus investasi bodongnya terungkap.

Perusahaan PT Inti Benua Indonesia memiliki banyak kejanggalan, mulai dari surat notaris, nomor NPWP palsu, dan nama perusahaan yang tidak bisa terlacak dalam database perusahaan di Indonesia.

Hotman pun heran kasus-kasus itu mangkrak di kepolisian hingga kini. 

"Mungkin rakyat yang mengadu kurang kuat kali ya. Kasihan rakyat itu," kata Hotman. 

Baca juga: Polisi: Pablo Benua Terjerat Kasus Penggelapan Kredit Mobil

Selain kasus video ikan asin, penyidik juga menyidik dugaan pidana lain yang dilakukan Pablo. Pasalnya, saat menggeledah rumah Pablo dan istrinya Rey Utami, penyidik menemukan puluhan STNK.

Ia diduga melakukan penipuan dan penggelapan kendaraan bermotor karena mengambil kredit mobil dari perusahaan pembiayaan atau leasing.

Baca juga: Polisi Dalami Kasus Penggelapan Kendaraan Bermotor oleh Pablo Benua

 

Pablo diketahui tak membayar cicilan mobil tersebut beberapa bulan dan diduga memindahtangankannya kepada orang lain. 

"Dia ambil kredit di salah satu perusahaan pembiayaan, terus enggak dibayar cicilannya setelah beberapa bulan berjalan. Setelah dicek mobil sudah enggak ada, diduga sudah dialihkan ke orang lain. Itu termasuk tindak pidana." ujar Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Sapta Maulana Marpaung saat dikonfirmasi, Jumat (12/7/2019).

Baca juga: Ada Puluhan STNK di Rumah Pablo Benua, Diduga Terkait Penggelapan Kendaraan Bermotor

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X