Film 27 Steps of May Berjaya di Malaysia International Film Festival

Kompas.com - 29/07/2019, 18:22 WIB
Film 27 Steps of May karya Ravi Bharwani memenangkan penghargaan dalam ajang The 3rd Malaysia Golden Global Awards (MGGA 2019), Malaysia International Film Festival. Dokumentasi film 27 Steps of MayFilm 27 Steps of May karya Ravi Bharwani memenangkan penghargaan dalam ajang The 3rd Malaysia Golden Global Awards (MGGA 2019), Malaysia International Film Festival.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film 27 Steps of May karya sutradara Ravi Bharwani meraih penghargaan bergengsi dalam ajang Malaysia Golden Global Awards (MGGA 2019), Malaysia International Film Festival.

Penghargaan yang diberikan di Istana Budaya, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 20 Juli 2019 lalu itu untuk kategori New Hope Award dan Best Actor untuk Lukman Sardi yang berperan sebagai Bapak May.

Sebagai informasi, New Hope Award merupakan penghargaan yang dianugerahkan kepada film yang dianggap memiliki pesan kuat dan inspirasional.

"Sebuah film yang memberikan harapan bagi penonton film dan generasi filmmaker berikutnya,” kata Chairwoman dan pendiri dari Malaysia International Film Festival, Joanne Goh, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (29/7/2019).

Ravi Bharwani, Rayya Makarim, Wilza Lubis, dan Lukman Sardi menjadi perwakilan dari film 27 Steps of May untuk menerima penghargaan itu secara langsung.

“Penghargaan ini kami persembahkan untuk semua May yang ada di luar sana; untuk semua perempuan yang pernah mengalami segala bentuk kekerasan seksual dalam hidupnya. Mari kita hentikan. Mari kita hentikan sekarang,” ujar Rayya Makarim saat menerima penghargaan tersebut.

Baca juga: Lukman Sardi Sebut Film 27 Steps of May Mengangkat Isu yang Mendunia

“Butuh perjalanan panjang untuk mewujudkan film ini. Perjalanan yang berat, tema yang sulit, dan terkadang membuat tidak nyaman. Tapi kami merasa tema ini sangat penting untuk diangkat. Kami sedang berupaya untuk meloloskan sebuah undang-undang di negara kami (RUU Penghapusan Kekerasan Seksual) untuk menghapus kekerasan seksual terhadap perempuan,” tambahnya.

Film 27 Steps of May dibintangi oleh Raihaanun, Lukman Sardi, Ario Bayu, dan Verdi Solaiman.

Kisahnya tentang May (Raihaanun), perempuan muda yang mengalami trauma akibat kekerasan seksual.

Terinspirasi peristiwa Mei 1998, 27 Steps of May tidak hanya bercerita tentang dampak pemerkosaan pada kehidupan May, tetapi juga Bapak May (Lukman Sardi) yang sangat terpukul dan menyalahkan dirinya selama bertahun-tahun karena tidak dapat menjaga anaknya sendiri.

Film ini tayang perdana di Busan International Film Festival pada 2018 dan telah berkeliling di berbagai festival Internasional seperti Cape Town Film Festival di Afrika Selatan dan Goteborg Film Festival di Swedia.

Sebelumnya, 27 Steps of May meraih film terbaik (Golden Hanoman Award) kategori film panjang Asia terbaik di Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada November 2018 lalu.

Raihaanun juga menyabet piala Aktris Terbaik dalam ajang ASEAN International Film Festival & Award 2019 (AIFFA) di Kuching, Sarawak, Malaysia.

Baca juga: 27 Steps of May Melangkah ke Film Festival Göteborg 2019

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X