Film Koboy Kampus, Tontonan Nostalgia Mahasiswa Era Reformasi

Kompas.com - 02/08/2019, 21:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Koboy Kampus dianggap sebagai film yang mengangkat nostalgia para mahasiswa di era reformasi.

Salah satu pemainnya, artis peran Bisma Karisma bahkan melakukan riset di Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengetahui aktivitas mahasiswa pada era tersebut.

Kegiatan syuting juga dilakukan di ITB.

"Hal pertama yang aku lakukan adalah survei langsung ke lokasi syuting. Aku juga sempat ngobrol kepada mahasiswa era 90-an untuk mengetahui apa saja keresahan yang dirasakan mereka selama orde baru," kata Bisma melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (2/8/2019).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh artis peran Steffi Zamora. Steffi harus melakukan riset bagaimana aktivitas mahasiswa pada 1998 meski ia sendiri lahir pada 2000.

"Jadi syuting Koboy Kampus, kan, ceritanya di era 90-an. Jadi aku harus menyesuaikan, padahal aku lahir tahun 2000-an, agak susah memang," kata dia.

"Risetnya itu aku tanyakan ke orang-orang terdekat, seperti mamaku. Aku juga riset melalui YouTube dan google serta nonton video klip dan film-film di era 90-an," sambung dia.

Sejumlah penonton yang menyaksikan screening film arahan sutradara Pidi Baiq dan Tubagus Deddy juga melontarkan pendapatnya tentang film tersebut.

Seorang penonton, Sani, menganggap menonton Koboy Kampus seperti bernostalgia dengan masa-masa pergerakan reformasi.

Padahal ceritanya tidak menyelipkan nuansa demonstrasi para mahasiswa untuk menurunkan rezim Orde Baru.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.