17 Agustus, Berikut 5 Film Bertema Nasionalisme yang Wajib Ditonton

Kompas.com - 12/08/2019, 16:56 WIB
Ilustrasi 17 Agustus, merah putih, bendera merah putihShutterstock Ilustrasi 17 Agustus, merah putih, bendera merah putih

KOMPAS.com - Peringatan Hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus biasanya diwarnai dengan beragam acara.

Selain upacara bendera dan pelaksanaan beragam lomba untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan, menggelar acara nonton bareng film bertemakan nasionalisme dengan layar tancap menjadi salah satu alternatif.

Terbaru, ada salah satu film yang dibintangi oleh Adipati Dolken yang bercerita tentang perjuangan melawan penjajah berjudul "Perburuan".

Rencananya film tersebut akan tayang perdana di bioskop pada Kamis (15/8/2019) mendatang.

Berikut 5 film bertema kemerdekaan yang sudah tayang di bioskop dan berhasil dirangkum Kompas.com:

1. Film Kartini

Dari pemberitaan Kompas.com, Kamis (21/4/2016), Raden Ajeng Kartini adalah anak kelima dari 11 bersaudara dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A Ngasirah.

Kartini lahir di di Jepara, Jawa Tengah pada 21 April 1879. Semasa hidupnya, Kartini terus berjuang membela emansipasi wanita. Tak heran jika dirinya dijadikan ikon panutan bagi kaum perempuan.

Film keluaran tahun 2017 itu bercerita tentang sosok pahlawan dari tanah air yang bernama Raden Ajeng Kartini, atau yang sering disebut RA Kartini.

Dari pemberitaan Kompas.com, Minggu (9/4/2017), film Kartini mengisahkan tentang RA Kartini dalam usahanya memperjuangkan hak perempuan dan kesetaraan kaum miskin serta pendidikan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X