Cerita Dede Sunandar soal Anaknya yang Mengidap Sindrom Williams

Kompas.com - 15/08/2019, 09:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelawak Dede Sunandar kini tengah berjuang merawat anak keduanya, Ladzan Syafiq Sunandar yang memiliki Williams Syndrome atau sindrom Williams.

Sindrom Williams adalah penyakit langka karena adanya kelainan genetik.

Dede menceritakan, anaknya pertama kali diketahui memiliki sindrom Williams saat berusia 3 bulan.

"Ketahuannya dari 3 bulan, sekarang (usia anak) 1 tahun 4 bulan," kata Dede kepada wartawan seperti dikutip Kompas.com dari YouTube Grid.ID, Kamis (15/8/2019).

Sindrom Williams menyebabkan anak Dede mengalami masalah pada jantung hingga lambungnya. Kini, anak kedua Dede itu rutin berobat jalan di rumah sakit.

Baca juga: Mengenal Sindrom Williams, Kelainan Genetik Langka yang Diderita Anak Dede Sunandar

Namun, menurut Dede, anaknya tak terlihat seperti sedang sakit. Dede mengungkapkan, anak dengan sindrom Williams biasanya memiliki bentuk wajah yang berbeda, seperti di bagian mata, rahang, hingga rambut.

"Anak saya enggak kelihatan teralalu sakit. Bedanya di gigi dan pertumbuhannya doang," ujar Dede.

Dede dan istri juga bergabung dengan komunitas orangtua yang memiliki anak dengan sindrom Williams. Dede pun pernah ditawari membawa anaknya berobat ke Amerika. Namun, ia tetap mengusahakan sang anak dirawat di Indonesia.

Dede Sunandar tak mau putus asa, ia menerima pemberian Tuhan kepada anaknya. Ia dan sang istri akan terus berusaha agar anaknya bisa tetap tumbuh dengan baik.

"Dibilang cobaan berat ya kita harus jalani, terima. Dulu kita cleaning service berat juga mungkin, sekarang jadi artis alhamdulillah," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Grid.ID
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.